Strategi Manajemen Dana pada Pengembangan Wakaf Produktif: Studi pada Yayasan UNISMA Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulinnuha, Imada (2019) Strategi Manajemen Dana pada Pengembangan Wakaf Produktif: Studi pada Yayasan UNISMA Malang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imada Ulinnuha_F02417323.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada tahun 2006 Dirjen Bimas Kementerian Agama mengambil inisiatif untuk memberdayakan wakaf produktif dengan menyalurkan dana yang berasal dari APBN-P agar dapat dikelola dan dikembangkan secara produktif oleh nazir. Kementerian Agama menyalurkan dana sebesar Rp2.000.000.000 pada tahun 2006 kepada nazir Yayasan UNISMA. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah. Rumusan masalah yang pertama adalah bagaimana strategi manajemen dana pada pengembangan wakaf produktif di Yayasan UNISMA. Kedua adalah apa faktor penghambat pada pengembangan wakaf produktif di Yayasan UNISMA. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dihimpun dari hasil observasi dan hasil wawancara secara langsung dengan pihak yang terkait dengan masalah penelitian yaitu ketua Nazir, pengelola, manajer dan mauquf ‘alaih wakaf produktif di Yayasan UNISMA. Hasil observasi penelitian dari beberapa sumber yaitu Pertama, Langkah yang digunakan Yayasan UNISMA dalam menetapkan strategi manajemen dana (a) Strategi manajemen dana dirumuskan berdasarkan tujuan waqif Yayasan UNISMA (b) Strategi manajemen dana dirumuskan berdasarkan Undang-Undang wakaf No. 41 Tahun 2004 (c) Strategi manajemen dana dirumuskan berdasarkan syarat sah dari wakaf (d) Strategi manajemen dana dirumuskan berdasarkan studi kelayakan bisnis. Dengan demikian strategi yang diterapkan yaitu Nazir mendapatkan 10% dari profit karena tugas dan amanah yang diemban, Alokasi manfaat wakaf diberikan kepada Mauquf ‘alaih sebesar 20% dari profit, Pengembangan wakaf mendapatkan 70% dari profit. Kedua, Faktor Penghambat Wakaf Produktif Yayasan UNISMA adalah kekurangan gudang penyimpanan barang dagang dan tantangan merubah mindset masyarakat umum dalam memaknai wakaf nonproduktif menjadi wakaf produktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulinnuha, Imadaimada.ulinnuha09@gmail.comF02417323
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorArifin, AliUNSPECIFIED196212141993031002
Subjects: Manajemen
Wakaf
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ulinnuha Imada
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:17
Last Modified: 12 Aug 2019 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34558

Actions (login required)

View Item View Item