فعالية تطبيق نموذج التعليم التعاوني Jigsaw بوسيلة قصة الشريط Strip Story في تعليم مهارة الكتابة لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة العالية الاسلامية الحكومية 3 بوجونكارا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Channan, M. Maftuchul (2019) فعالية تطبيق نموذج التعليم التعاوني Jigsaw بوسيلة قصة الشريط Strip Story في تعليم مهارة الكتابة لطلاب الفصل العاشر بالمدرسة العالية الاسلامية الحكومية 3 بوجونكارا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Maftuchul Channan_D92213087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 3 Bojonegoro masih tradisional terutama saat pembelajaran menulis. Guru menyampaikan materi kepada pesrta didik tanpa adanya inovasi dalam penggunaan metode, model, maupun media pembelajaran yang ada, sehingga pesrta didik merasa bosan dan tidak bersemangat dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Peneliti memilih model pembelajaran kooperaif tipe jigsaw dengan media strip story dengan asumsi bahwa penerapan model dengan media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis. Peneliti membahas tentang efektivitas penerapan model pembelajaran koopratif tipe jigsaw dengan media strip story dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas X MAN 3 Bojonegoro dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui keterampilan menulis siswa kelas X MAN 3 Bojonegoro, 2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran koopratif tipe jigsaw dengan media strip story dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas X MAN 3 Bojonegoro, 3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran koopratif tipe jigsaw dengan media strip story dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas X MAN 3 Bojonegoro? Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-tes. Dari hasil tes yang diujikan hasil data yang diperoleh adalah sebagai berikut: hasil –t hitung lebih besar dari pada –t tabel (22,970>2,045) artinya Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Sedangkan nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) artinya Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa sebelum dan sesudah penerapan model dengan media pembelajaran mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga penerapan model pembelajaran koopratif tipe jigsaw dengan media strip story mempunyai pengaruh untuk meningkatkan keterampilan menulis khususnya bagi siswa kelas X MAN 3 Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Channan, M. Maftuchulmaftuh.chan@gmail.comD92213087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
AuthorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com195911041991031002
AuthorHanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com197809282005012002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Cooperative Jigsaw Type; Strip Story; Writing Ability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Channan M. Maftuchul
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:54
Last Modified: 16 Aug 2019 06:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34545

Actions (login required)

View Item View Item