Analisis Resepsi Warga Nahdlatul Ulama tentang Program Kiswah Interaktif di TV9 Nusantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Dinar Ayu Chandra (2019) Analisis Resepsi Warga Nahdlatul Ulama tentang Program Kiswah Interaktif di TV9 Nusantara. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinar Ayu Chandra Agustin_F02717220.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan pemaknaan warga Nahdlatul Ulama tentang program kiswah interaktif TV9 Nusantara dengan menggunakan analisis resepsi, dimana khalayak dilihat sebagai interpretive communities yang tidak hanya menerima begitu saja makna yang di produksi media tetapi diposisikan sebagai pihak yang memliki kekuatan dalam menciptakan makna atas media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif dengan pendekatan kultural. Pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang didapatkan ini kemudian dianalisa dan diinterpretasikan. Teori pendukung dari penelitian ini adalah teori Stuart Hall, khalayak melakukan decoding terhadap pesan media melalui tiga kemungkinan posisi, yaitu posisi hegemoni dominan, posisi negosiasi, dan posisi oposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kiswah interaktif lebih banyak dipahami warga Nahdlatul Ulama sebagai diskusi interaktif keagamaan dan lebih dimaknai warga Nahdlatul Ulama sebagai pengisi waktu luang. Sedangkan dari perspektif teori Stuart Hall resepsi warga Nahdlatul Ulama terkategori menjadi 3 posisi. Posisi negoisasi menempati urutan pertama, warga Nahdlatul Ulama memiliki alternative lain dalam mengonsumsi produk keagamaan di televisi. Posisi hegemoni dominan menempati urutan kedua, warga Nahdlatul Ulama menjadikan kiswah interaktif sebagai satu-satunya program keagamaan yang dikonsumsi, posisi oposisi di urutan ketiga warga Nahdlatul Ulama memiliki kekuatan untuk menolak apa yang dihadirkan program kiswah interaktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Dinar Ayu Chandradinaraca28@gmail.comF02717220
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorArif, Moch. Choirulirul_rek@yahoo.co.id197110171998031001
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Media Massa
Nahdlatul Ulama
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Agustin Dinar Ayu Chandra
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:26
Last Modified: 12 Aug 2019 08:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34536

Actions (login required)

View Item View Item