Konsep Rida dalam al-Quran: studi Ttafsir Mafatih al-Ghayb karya Fakhr asl-Din al-Razi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Ayu Virda (2019) Konsep Rida dalam al-Quran: studi Ttafsir Mafatih al-Ghayb karya Fakhr asl-Din al-Razi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
AyuVirdaRahmawati_F12515226.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kaum muslimin tentu tidak asing dengan kata rida, karena sering disebut sebagai tujuan muslim, yaitu menjadi hamba yang beribadah dan menggapai rida Allah. Hal ini menunjukkan pentingnya usaha untuk menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an yang berbicara tentang konsep rida secara utuh dan komprehensif dengan menggunakan metode tematik. Sementara itu untuk menghasilkan tafsiran yang bisa dipahami secara utuh dari berbagai aspek keilmuan untuk mengarungi kehidupan modern maka kajian ini memilih tafsir yang berlandaskan pemikiran atau al-Ra’yu yaitu kitab Tafsir Mafatih al-Ghayb karangan Muh}ammad ibn ‘Umar yang biasa dikenal dengan Fakr al-Din al-Razi. Bermula dari latar belakang ini terdapat beberapa masalah yang bisa dikaji, yaitu bagaimana pengungkapan makna rida dalam al-Qur’an berdasarkan urutan diturunkanyya Al-Qur’an dan bagaimana konsep Rida Allah Swt dalam al-Qur’an menurut Fakr al-Din al-Razi dalam tafsir Mafatih al-Ghayb. Dalam pencapaian tujuan tersebut, penulis menggunakan metode deskriptif-kualitatif untuk menjabarkan dan menganalisi pembahasan-pembahasan tentang konsep Rida Allah Swt dalam al-Qur’an. Analisis yang digunakan adalah tafsir tematik yang berdasarkan kepada urutan diturunkannya al-Qur’an untuk mengumpulkan, mengurai dan mensitematiskan pembahasan ayat-ayat rida di dalam al-Qur’an. Dari penelitian ini terdapat beberapa temuan diantaranya; kata rida berjumlah 73 kata dalam al-Qur’an, yang terdapat pada 64 ayat di dalam 32 surat yang berbeda. Hubungan manusia tak luput dari hubungan vertikal dan horizontal, begitu pula dengan masalah rida: pertama, rida antara Allah SWT dan hambanya, kedua, rida diantara sesama manusia ataupun makhluk, dalam konteks rida antara manusia. Tafsiran ayat-ayat term rida jika disandarkan ke Allah Swt memiliki makna yang sangat luas diantaranya; Rida Allah Swt di dunia, pahala di akhirat dan rida sebagai sifat Allah Swt.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Ayu Virdaavraiezz@yahoo.comF12515226
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHusein, AzizUNSPECIFIED195601031985031002
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Rida; al-Razi.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: lc ayu virda rahmawati
Date Deposited: 12 Aug 2019 03:48
Last Modified: 12 Aug 2019 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34504

Actions (login required)

View Item View Item