Analisis Hukum Islam terhadap Pelaksanaan Undian Berhadiah di Aplikasi Bukalapak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Kafit (2019) Analisis Hukum Islam terhadap Pelaksanaan Undian Berhadiah di Aplikasi Bukalapak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kafit Hidayatulloh_C92215161.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Undian Berhadiah di Aplikasi Bukalapak Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan 1) bagaimana pelaksanaan undian berhadiah di Aplikasi Bukalapak dan 2) bagaimana analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan undian berhadiah di Aplikasi Bukalapak. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitiannya yakni deskriptis analitis, dan sumber data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Teknik perolehan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis melalui analogi deduktif. Hasil dari penelitian ini memberikan 2 kesimpulan yakni pertama pelaksanaan undian berhadiah di Bukalapak dilakukan dengan membayar sebesar yang sudah di tetapkan agar bisa mengikuti undian tersebut. dalam undian tersebut nama siapa yang nantinya akan keluar maka nama tersebut memenangkan hadiah yang sudah disiapkan dari aplikasi bukalapak. Dengan demikian ada masyarakat yang beruntung dan masyarakat yang dirugikan atas pelaksanaan undian berhadiah tersebut. Kedua, dalam hal ini jika di analisis menggunakan hukum Islam maka undian bisa menjadi judi apabila ada keharusan bagi peserta untuk membayar sejumlah uang tertentu, Karena pada dasarnya di dalam hukum Islam undian yang benar dilakukan oleh pihak penyelenggara dalam memberikan sebuah hadiah haruslah dari sponsor, sehingga tidak ada pemungutan biaya yang dibebankan kepada masyarakat agar tidak ada unsur maisir di dalamnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kepada pihak yang melaksanakan undian berhadiah yakni Bukalapak agar tidak memanfaatkan untuk membuka celah kemaksiatan. Dan kepada para pihak yang melaksanakan undian berhadiah hendaklah melaksanakannya sesuai dengan ketentuan yang ada yaitu sesuai dengan hukum Islam. Maka dari pihak bukalapak sebagai pihak penyelenggara lebih transparan lagi mengenai pelaksanaan undian berhadiah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Kafitkhafidhidayatullah95@gmail.comC92215161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSumarkan, SumarkanUNSPECIFIED196408101993031002
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Perdata Islam
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Undian Berhadiah; Aplikasi Bukalapak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayatulloh Kafit
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:33
Last Modified: 13 Aug 2019 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34501

Actions (login required)

View Item View Item