تقويم بغير الاختبار لترقية مهارة الكلام في تعليم اللغة العربية في الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Nur Indah Wahyu (2019) تقويم بغير الاختبار لترقية مهارة الكلام في تعليم اللغة العربية في الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Indah Wahyu Safitri_D72214034.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Evaluasi Non Tes Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Sepuluh di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya” adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana Penerapan Evaluasi Non Tes Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas Sepuluh Madrasah Aliyah Negeri Surabaya? 2. Bagaimana Problem Evaluasi Non Tes Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas Sepuluh Madrasah Aliyah Negeri Surabaya? 3. Bagaimana Solusi Permasalahan Evaluasi Non Tes Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas Sepuluh Madrasah Aliyah Negeri Surabaya? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini kita dapat menyimpulkan bahwa sisi psikologi siswa itu sangat perlu disentuh, tidak hanya sisi kognitif siswa saja. Dimana biasanya sisi kognitif itu membahas apa yang benar dan apa yang salah, namun juga perlu membahas sisi psikologi siswa tentang baik dan buruk, nyaman dan tidak nyaman, serta enak dan tidak enaknya siswa ketika berada di dalam kelas. Dibuktikan dengan hasil non tes ini siswa banyak yang kurang mampu mengikuti pembahasan di kelas, dikarenakan notabennya lulusan sekolah negeri sehingga masih awam dalam dunia bahasa arab, dan kurang mendapat perhatian guru. Adapun siswa yang mampu mengikuti pembahasan di kelas notabennya lulusan madrasah islamiyah dan pondok yang sudah mengenal bahasa arab, serta cocok dengan metode dan media yang digunakan oleh guru. Memandang begitu pentingnya evaluasi nontes, maka sangat diharapkan semua guru menerapkannya disetiap mata pelajaran yang diajarkan, khususnya pelajaran Bahasa Arab. Hal ini diperuntukkan untuk menyentuh sisi psikologi siswa, bagaimana tanggapan serta responnya terhadap pelajaran.Agar kedepannya metode pembelajaran dapat menyesuaikan dengan kebutuhan belajar murid, bukan hanya mengacu pada tingginya kualitas guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Nur Indah Wahyunurindahwahyusafitri@gmail.comD72214034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBaihaqi, MuhammadUNSPECIFIED197402202003121004
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED197606122008012027
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Safitri Nur Indah Wahyu
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:17
Last Modified: 09 Aug 2019 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34495

Actions (login required)

View Item View Item