Penerapan Kecerdasan Spiritual Siswa Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Rifqi Muhammad (2019) Penerapan Kecerdasan Spiritual Siswa Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifqi Muhammad Nur_B53214036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana peerapan kecerdasan spiritual siswa Pondok Pesantren Assalafi Al Fthrah Surabaya, dan bagaimana hasil konseling individu berbasis kecerdasan spiritual pada siswa Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Kemudian untuk menjawab permasalahan proses dan hasil tersebut, peneliti memilih menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpul data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehingga hasil data yang dianalisis dapat dipertanggung jawabkan kevalidannya karena menggunakan observasi secara langsung. Penerapan kecerdasan Spiritual di Al Fithrah dilaksanakan dengan melaksanakan dzikir sehari semalam setiap setelah habis sholat Maktubah lima waktu beserta pelaksanaan sholat-solat sunnah. Kemudian juga ditambah dengan membaca Al Qur’an setiap pagi dan sore. Selain itu juga ada pelaksanaan amalan mingguan seperti pembacaan Manaqib, tahlil dan diba’iyah. Hasil penelitian menunjukkan pada awalnya para siswa merasa kaget dan tidak betah karena kegiatan yang dicanangkan sangat menguras waktu seharian, mereka hanya memiliki kurang lebih 3 jam untuk istirahat, selain itu hanya istirahat tidur malam. Setelah mengikuti kegiatan harian diulang dan diulang secara terus menerus, lambat laun perasaan tidak betah tersebut perlahan hilang dan berganti menjadi biasa. Ketika setelah sholat para santri belajar bersabar tidak buru-buru beranjak dari tempat sholat, namun duduk mengikuti dzikir bersama yang kurang lebih minimal setengah jam setiap habis sholat maktubah. Lama-kelamaan para santri terbiasa dengan wirid yang lama. Kemudian masing-masing mengalami perjalanan hati yang berbeda-beda dari bagian-bagian dzikir yang dilantunkan, yang selanjutnya perlahan merubah dan memperbaiki hati, pikiran dan perilaku para santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Rifqi Muhammadrifqimuhammadnur4@gmail.comB53214036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBasyid, Abd.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Tasawuf
Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Rifqi Muhammad
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:29
Last Modified: 09 Aug 2019 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34486

Actions (login required)

View Item View Item