Teknik Reinforcement untuk meningkatkan motivasi pada anak Tunagrahita yang mengalami kesulitan menghitung ( Dyscalculia Learning ) di SDN Bendul Merisi 408 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ullia Savira, Maretha (2019) Teknik Reinforcement untuk meningkatkan motivasi pada anak Tunagrahita yang mengalami kesulitan menghitung ( Dyscalculia Learning ) di SDN Bendul Merisi 408 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maretha Ullia Savira_B03215022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Maretha Ullia Savira (B03215022), Teknik Reinforcement untuk Meningkatkan Motivasi pada Anak Tunagrahita yang Mengalami Kesulitan dalam Menghitung (Dyscalculia Learning) di SDN Bendul Merisi 408 Surabaya. Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana pelaksanaan teknik reinforcement untuk meningkatkan motivasi pada anak tunagrahita yang mengalami kesulitan menghitung (dyscalculia learning) di SDN Bendul Merisi 408 Surabaya? (2) Bagaimana hasil pelaksanaan teknik reinforcement untuk meningkatkan motivasi pada anak tunagrahita yang mengalami kesulitan menghitung (dyscalculia learning) di SDN Bendul Merisi 408 Surabaya? Dalam mengatasi permasalahan pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang peneliti dapatkan dilapangan kemudian didiagnosis, dilanjutkan dengan prognosis, kemudian pelaksanaan terapi, terakhir evaluasi. Data hasil dari konseling selanjutnya dianalisis dengan deskriptif komparatif, yaitu analisis hasil penelitian dengan membandingkan perilaku konseli sebelum dan sesudah dilakukan proses konseling melalui teknik Reinforcement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik Reinforcement untuk meningkatkan motivasi pada anak tunagrahita yang mengalami kesulitan menghitung (dyscalculia learning) di SDN Bendul Merisi 408 Surabaya.Konseli mengalami kesulitan dalam menghitung (dyscalculia learning). Untuk menangani permasalahan konseli tersebut, peneliti menggunakan teknik Reinforcement, yaitu perilaku yang sama akan muncul kembali apabila diberi rangsangan yaitu berupa reward, apabila konseli mampu menyelesaikan tugas yang diberikan. Reward dapat berupa verbal maupun non verbal. Dengan pendekatan ini diharapkan konseli dapat mengubah perilakunya yaitu meningkatkan motivasi belajar menghitung. Dengan menggunakan teknik Reinforcement positive dapat meningkatkan motivasi belajar konseli dengan adanya stimulus berupa reward kepada konseli agar lebih giat dalam belajar. Hasil dari penelitian tersebut dikatakan cukup berhasil dengan presentase 75 %, hal ini dapat dilihat adanya perubahan dari konseli yang cukup mampu dalam alur hitungannya, pengoperasian soal matematik meskipun masih perlu bimbingan dan arahan agar menjadi lebih giat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ullia Savira, Marethamarethaullia97@gmail.comB03215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah NoerUNSPECIFIED196012111992032001
Subjects: Bimbingan Konseling
Anak > Anak Penyandang Cacat
Terapi
Keywords: Teknik Reinforcement; Tunagrahita; Dyscalculia Learning
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Savira Maretha Ullia
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:04
Last Modified: 13 Aug 2019 04:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34460

Actions (login required)

View Item View Item