Pengaruh Zikir Asmaul Husna dengan Relaksasi terhadap Prestasi Belajar Santri Kelas Tarjim TPQ-Madin Fathur Rohman Kureksari Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailah, Nur (2019) Pengaruh Zikir Asmaul Husna dengan Relaksasi terhadap Prestasi Belajar Santri Kelas Tarjim TPQ-Madin Fathur Rohman Kureksari Waru Sidoarjo. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailah_E87215031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh zikir asmāul ḥusnā terhadap prestasi belajar santri kelas Tarjim TPQ-Madin Fathur Rohman Kureksari Waru Sidoarjo. Dimana penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan peneliti ketika di dalam kelas yang tidak kondusif dan ketika itu zikir asmāul ḥusnā sedang berlangsung. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh dari zikir asmāul ḥusnā dengan relaksasi bagi konsentrasi, ketenangan dan prestasi belajar santri. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari zikir asmāul ḥusnā dengan relaksasi bagi konsentrasi, ketenangan dan prestasi belajar santri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah santri kelas Tarjim TPQ-Madin Fathur Rohman Kureksari Waru Sidoarjo yang berjumlah 17 santri. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah skala sikap dan angket prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik dengan Uji Wilcoxon. Hasil Penelitian yang dilakukan peneliti selama dua Minggu yang terdiri dari kelompok Kontrol dan kelompok Eksperimen. Dimana dalam penelitian ini menemukan perbedaan pada prestasi belajar santri kelas Tarjim pada skor awal dan skor akhir. Pada skor awal sebelum mendapatkan perlakuan berperan sebagai kelompok Kontrol nilai maksimum 61 dan minimum 25, sedangkan pada skor akhir setelah mendapatkan perlakuan relaksasi berperan sebagai kelompok Eksperimen nilai maksimum 96 dan minimum 64. Dengan relaksasi santri dapat lebih tenang dan konsentrasinya dapat di olah sehingga prestasi belajar santri pun juga meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailah, Nurnurlailah345@gmail.comE87215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSuhermanto, SuhermantoUNSPECIFIED196708201995031001
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED196209271992031005
Subjects: Asmaul Husna
Belajar
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Santri
Uncontrolled Keywords: Zikir Asmāul Ḥusnā; Relaksasi; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lailah Nur
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:49
Last Modified: 09 Aug 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34454

Actions (login required)

View Item View Item