Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifah, Intan (2019) Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Syarifah_D04212009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu komponen yang penting dalam memecahkan masalah matematika. Diperlukan instrumen pengukuran kreativitas siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat kreativitas seorang siswa. Instrumen ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kreativitas dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal untuk mengukur kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tes CAP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-i SMPN 1 Waru Sidoarjo dengan jumlah siswa yaitu 29 siswa. Penelitian ini mengacu pada model Mardapi karena langkah-langkah yang harus dilakukan tersusun secara terperinci, sistematis dan cocok untuk mengembangkan produk yaitu berupa instrumen tes kreativitas siswa. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data yaitu instrument tes kreativitas CAP (Creativity Assessment Packet). Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Pada latihan berpikir divergen, semua butir soal dikatakan valid dengan nilai r hitung › r tabel. Pada latihan divergent feeling, 34 butir soal dikatakan valid dan 12 butir soal tidak valid. Pada skala Williams, 26 butir soal dikatakan valid dan 10 butir soal tidak valid; (2) Hasil uji latihan berpikir divergen memiliki tingkat reliabilitas yang baik dengan nilai Cronbach’s alpha yaitu 0,413, pada latihan divergent feeling memiliki tingkat reliabilitas yang sangat baik dengan nilai Cronbach’s alpha 0,826 begitupun juga dengan skala Williams yang memiliki tingkat reliabilitas yang baik yaitu dengan nilai Cronbach’s alpha 0,751; (3) Dari tiga butir soal pada latihan berpikir divergen, ada satu butir soal memiliki tingkat kesukaran yang sulit dengan indeks tingkat kesukaran 0,0-0,3 dan dua butir soal memiliki tingkat kesukaran sedang dengan range 0,3-0,7; (4) daya pembeda soal termasuk dalam kategori memuaskan dengan range 0,30-0,39.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifah, Intanphinkzg@gmail.comD04212009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id197206071997031001
Thesis advisorHamdani, Asep Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id196507312000031002
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Instrumen; Kreativitas; Berpikir kreatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syarifah Intan
Date Deposited: 19 Aug 2019 01:50
Last Modified: 19 Aug 2019 01:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34439

Actions (login required)

View Item View Item