Peran Ulama Nahdlatul Ulama dalam menangkal Radikalisme di Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nitra, Galih Imansari (2019) Peran Ulama Nahdlatul Ulama dalam menangkal Radikalisme di Provinsi Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nitra Galih Imansari_F02717231.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari peristiwa pengeboman yang terjadi di Provinsi Jawa Timur yaitu di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan yang dilakukan oleh oknum yang mengatas namakan ajaran agama Islam. Aksi tersebut dikecam oleh berbagai pihak termasuk ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam yang berpengaruh di Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ulama NU dalam menangkal radikalisme di provinsi Jawa Timur terkait pemikiran, strategi dakwah dan tantangan ulama NU dalam menangkal radikalisme. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan alur deskriptif yang dilakukan dalam beberapa langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan penegasan kesimpulan. Serta menyertakan teori plihan rasional Colemen. Hasil penelitian ini dapat diketahui ulama NU berperan dalam penangkalan radikalisme di Provinsi Jawa Timur Pemikiran Ulama NU mengenai radikalisme bahwa paham radikal dilabelkan bagi mereka yang mengedepankan kebenaran kelompoknya sendiri. Strategi dakwah ulama Nahdlatul Ulama yaitu menggunakan strategi kontra radikal dan deradikalisasi mellaui pendekatan strukturan dan kultural..Adapun tantangan ulama Nahdlatul Ulama dalam menangkal radikalisme yaitu kurangnya militansi warga NU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nitra, Galih Imansarinitragalih@gmail.comF02717231
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAgoes, Moh. Moefadam.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Radikal dan Radikalisme
Nahdlatul Ulama
Uncontrolled Keywords: Ulama; Radikalisme
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Imansari Nitra Galih
Date Deposited: 12 Aug 2019 06:26
Last Modified: 12 Aug 2019 06:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34435

Actions (login required)

View Item View Item