STUDENT TEACHERS’ SELF-EFFICACY IN USING INSTRUCTIONAL STRATEGIES AT PRACTICE TEACHING CLASS (PPL I) OF ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Arifa, Rosyidatul (2015) STUDENT TEACHERS’ SELF-EFFICACY IN USING INSTRUCTIONAL STRATEGIES AT PRACTICE TEACHING CLASS (PPL I) OF ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Sebagai kandidat guru, mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan I (PPL I) membutuhkan efikasi diri yang tinggi untuk menjadi guru yang efektif dan cakap di masa depan. Di dalam penelitian ini, efikasi diri mahasiswa PPL I diartikan sebagai kepercayaan diri mahasiswa PPL I terhadap kemampuannya menyelenggarakan sebuah pengajaran untuk menunjang pembelajaran berhubungan dengan tindakan professional seorang guru. Dimensi dari efikasi diri guru yang paling dasar dibutuhkan bagi mahasiswa PPL I adalah dalam menerapkan strategi pengajaran karena strategi pegajaran erat kaitannya dengan cara seorang guru menjadikan siswa mampu menguasai materi pembelajaran. Penelitian ini difokuskan untuk menyelediki tingkat efikasi diri mahasiswa PPL I dalam menerapkan strategi pengajaran dan mengidentifikasi faktor yang mempegaruhi tingkat efikasi diri mahasiswa PPL I dalam menerapkan strategi pengajaran tersebut. Observation checklist dan interview guideline digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Kemudian, pendekatan kualitatif yang digabungkan dengan studi kasus explanatory juga digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Mengenai subjek penelitian, peneliti memilih dua belas mahsiswa PPL I dari enam kelas PPL I di Progam Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun Akademik 2014/ 2015. Data dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat efikasi diri mahasiswa PPL I dalam menerapkan strategi pengajaran adalah tinggi, tepatnya 62% yang tinggi dan 38% yang rendah. Persentase tertinggi dari mahasiswa PPL I yang mendapat efikasi diri tinggi adalah dalam membatasi stress dan belajar dari kekurangan ketika mengajar, sedangkan persentase tertinggi mahasiswa yang mendapatkan efikasi diri rendah adalah dalam membayangkan kesukseskan mengajar. Faktor yang mempengaruhi efikasi diri mahasiswa PPL I dalam menerapkan strategi pengajaran adalah pengalaman menguasai dan kepercayaan sosial sebagai faktor utama, sedangkan pegalaman meniru orang lain dan kondisi psikologi adalah faktor tambahan. Lebih jauh lagi, faktor baru yang mempengaruhi efikasi diri mahasiswa PPL I yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kedisiplinan mahasiswa PPL I dan harga diri mahasiswa PPL I. Singkatnya, tingkat efikasi diri mahasiswa PPL I dalam menerapkan strategi pengajaran di kelas PPL I Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya secara umum adalah tinggi karena empat sumber efikasi diri dan dua faktor yang lain

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Irma Soraya
Uncontrolled Keywords: Student Teachers’ Self-Efficacy; Instructional Strategies; Practice Teaching; Percaya Diri; Kemampuan; Pengajaran; Pembelajaran
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:32
Last Modified: 18 Jan 2016 03:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item