Pengaruh Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Siswa Kelas Vii Di Mts Nahdlatul Ulama Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahas, Ahmad Rabitha (2019) Pengaruh Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Siswa Kelas Vii Di Mts Nahdlatul Ulama Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Rabitha fahas_D71212124.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Pengaruh Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII Di MTs Nahdlatul Ulama Waru Sidoarjo dengan beberapa rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana Konsep Metode Drill Dalam Pembelajaran?, (2) Bagaimana Kemampuan Membaca Kitab Kuning Siswa Kelas VII di MTs Nahdlatul Ulama Waru Sidoarjo?, (3) Bagaimana Pengaruh Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII Di MTs Nahdlatul Ulama Waru Sidoarjo?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang pada proses penelitian datanya menggunakan metode dokumentasi, interview, observasi, dan angket. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik yaitu rumus prosentase, product moment, dan rumus regresi agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara metode drill dengan kemampuan membaca kitab kuning cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca dari sebelum dan sesudah menggunakan metode drill. Dari hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 16,0, Dari r tabel product moment dengan n = 45, diketahui bahwa taraf signifikan 5% = 0,294 dan 1% = 0,380. Dengan demikian r hitung lebih besar dari r tabel, 0,537 > 0,380 > 0,294. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Sehingga ada pengaruh antara metode Drill terhadap kemampuan membaca kitab kuning siswa kelas VII di MTs NU Berbek. Sedangkan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode drill terhadap kemampuan membaca kitab kuning siswa kelas VII di MTs NU Berbek dapat diketahui hasil yang diperoleh adalah 0,537 dan pada tabel interpretasi berada pada nilai r = 0, 40 – 0,599 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang cukup kuat. Selain menggunakan rumus product moment, peneliti juga menggunakan rumus regresi. Dapat diketahui persamaan regresinya sebagai berikut : Y = α + bx = 8,907 + 0,653x. untuk R square sebesar 0,289. Hal ini berarti 28,9% Pengaruh Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII di MTs Nahdatul Ulama Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahas, Ahmad Rabithaghozy43@gmail.comD71212124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com1972018152005011004
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: metode drill; kemampuan membaca.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahas Ahmad Rabitha
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:25
Last Modified: 09 Aug 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34343

Actions (login required)

View Item View Item