Pengaruh pesan dakwah Rubrik Kedai Sufi majalah Aula edisi bulan Maret 2018 terhadap perubahan kognitif ibu-ibu Dasa Wisma Dwi Melati Desa Gunung Anyar Lor Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitrah, Amaliah (2019) Pengaruh pesan dakwah Rubrik Kedai Sufi majalah Aula edisi bulan Maret 2018 terhadap perubahan kognitif ibu-ibu Dasa Wisma Dwi Melati Desa Gunung Anyar Lor Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitrah Amaliah_B01215017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pesan dakwah rubrik kedai sufi majalah aula terhadap perubahan kognitif ibu-ibu Dasa Wisma Dwi Melati Desa Gunung Anyar Lor Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan menjadikan anggota aktifibu-ibu Dasa Wisma Dwi Melati sebagai sampelnya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dimana semua individu dalam populasi dapat dipilih sebagai sampel, karena populasi yang ada kurang dari 100 orang, dengan kritia penelitian anggota harus beragama islam, maka peneliti menggunakan seluruh populasi sebagai sampel sehingga menjadi penelitian populasi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode kuesioner (angket) dan data pendukung lainnya diperoleh dari kepustakaan. Uji validitas diperoleh dari hasil analisis pengukuran instrumen menggunakan skala Guttman. Uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson 21. Pengolahan data menggunakan program spss versi 16 for windows dengan analisis data korelasi chi kuadrat Pearson dan menggunakan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yang mempengaruhi antara pesan dakwah rubrik kedai sufi majalah aula terhadap perubahan kognitif ibu-ibu Dasa Wisma Dwi Melati Desa Gunung Anyar Lor Surabaya dengan nilai koefisien korelasi 0.583 yang berarti sifat korelasinya sedang. Terdapat pengaruh yang positif bagi ibu-ibu Dasa Wisma Dwi Melati Desa Gunung Anyar Lor Surabaya setelah membaca pesan dakwah rubrik kedai sufi majalah aula.Peneliti berharap kedepannya Media Cetak sebagai media massa yang mampu memberikan pesan dan pengaruh positif bagi pembacanya dan berharap penelitian sejenis yang akan datang dapat memberikan penyajian data yang lebih lengkap dan terperinci serta berkontribusi lebih baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan dimasa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitrah, Amaliahfitramaliah22@gmail.comB01215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, AbdullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Rubrik Kedai Sufi; Majalah Aula
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Amaliah Fitrah
Date Deposited: 20 Aug 2019 01:47
Last Modified: 20 Aug 2019 01:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34337

Actions (login required)

View Item View Item