Peningkatan pemahaman siswa materi kitab-kitab Allah SWT melalui model Kooperatife tipe Mind Mapping di Kelas IV MI Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrawati, Nur Wachidah (2019) Peningkatan pemahaman siswa materi kitab-kitab Allah SWT melalui model Kooperatife tipe Mind Mapping di Kelas IV MI Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Wachidah Indrawati_D07215034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah kurangnya pemahaman dikatakan proses berfikir dan belajar. Dikatakan demikian karena untuk menujuh ke arah pemahaman perlu diikuti dengan belajar dan berfikir, pemahaman dalam pembelajaran adalah tingkat kemampuan yang mengharapkan siswa mampu memahami dan tau konsep, situasi serta fakta yang diketahuinya. Dalam hal ini ia tidak hanya hafal secara verbilitas, tetapi harus memahami konsep dari masalah atau fakta yang ditanyakan. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan Model Mind Mapping dalam meningkatkan Pemahaman materi Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah Swt ? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman Model Mind Mapping pada materi Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah Swt ? Metode yang digunakan adalah PTK model Kurt Lewin dengan subyek 25 peserta didik, 10 laki-laki dan 15 perempuan dan tempat penelitian di MI Hasyim Asyari Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru guru dan peserta didik, tes lisan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor observasi aktivitas guru dan peserta didik mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I diperoleh hasil dari observasi aktivitas guru sebesar 72 meningkat pada siklus II sebesar 92.8. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 69,4 pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5. Hasil data tersebut adalah bukti proses pembelajaran guru dan siswa dapat menerapkan model cooperative tipe mind mapping untuk meningkatkan pemahaman pada materi kitab-kitab allah swt dengan baik. Pada pra siklus sebesar 32% meningkat menjadi 64% pada siklus I, dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Rata-rata meningkat siklus I yaitu 77,6 menjadi 83,4 pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrawati, Nur Wachidahiindrawati0398@gmail.comD07215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBachtiyar, MachfudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indrawati Nur Wachidah
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:24
Last Modified: 15 Aug 2019 02:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34336

Actions (login required)

View Item View Item