Membangun Masyarakat Sehat Melalui Kelapa (Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kekayaan Lokal) di Dusun Karangtengah Desa Maribaya Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiarti, Diah (2019) Membangun Masyarakat Sehat Melalui Kelapa (Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kekayaan Lokal) di Dusun Karangtengah Desa Maribaya Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Islamiarti_B52215025.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini mengangkat problem pola konsumsi dan kondisi kesehatan masyarakat Dusun Karangtengah Desa Maribaya. Persoalan ini menyebabkan terjadinya penurunan kualiatas kesehatan masyarakat. Kondisi ini terjadi diakibatkan oleh beberapa aspek, yaitu pola konsumsi masyarakat yang cenderung menyukai produk pabrik dan makanan instan meskipun terdapat kekayaan lokal masyarakat yang merupakan produk sehat. Namun perilaku masyarakat belum menjadikan produk lokal sebagai konsumsi utama untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu belum terdapat kelompok sehat yang peduli terhadap konsumsi sehat di masyarakat. Persoalan-persoalan ini juga dipengaruhi oleh pemerintah yang belum peduli terhadap konsumsi sehat masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dimana seluruh rangkaian penelitian dari awal hingga akhir dilakukan bersama masyarakat. Mulai dari sejak proses penggalian data, perencanaan dan pelaksanaan program, hingga tahap evaluasi program dilakukan secara partisipatif. Dalami penelitian pemberdayaan ini peneliti menggunakan aktor-aktor lokal di masyarakat dalam melancarkan proses-proses pemberdayaan, dan menjadi pengorganisir bagi masyarakat yang lainya. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat adalah dengan melakukan proses pemberdayaan masyarakat sehat berbasis lokalitas melalui tagline “sehat dengan kelapa” sebagai kekayaan lokal Dusun Karangtengah. Diawali dengan pendidikan dan kampanye sehat, pelatihan inovasi produk sehat berbasis lokalitas, pembentukan kelompok peduli sehat, dan melakukan advokasi terhadap pemerintah desa dan lembaga terkait.
Perubahan yang terjadi di masyarakat adalah mengurangi konsumsi produk pabrik dan makanan instan dan mulai tumbuhnya kesadaran untuk mengonsumsi produk lokal sebagai konsumsi utama, masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan membuat produk inovasi sehat lokal, terbentuknya kelompok peduli sehat dan turut andilnya pemerintah desa dalam mewujudkan kesehatan masyarakat melalui konsumsi yang sehat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiarti, Diahartiadiah13@gmail.comB52215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com196611061998031002
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Masyarakat
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kesehatan; Lokalitas; Kelapa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Islamiarti Diah
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:44
Last Modified: 13 Aug 2019 03:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34325

Actions (login required)

View Item View Item