Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Perkebunan Kelapa di Dusun Karangtengah Desa Maribaya Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jumariah, Siti (2019) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Perkebunan Kelapa di Dusun Karangtengah Desa Maribaya Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Jumariah_B52215040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam karya skripsi ini membahas tentang bagaimana upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan untuk mengatasi penurunan ekonomi masyarakat dengan berbasis perkebunan kelapa di Dusun Karangtengah Desa Maribaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses terjadinya penurunan ekonomi masyarakat, strategi yang tepat untuk peningkatan ekonomi masyarakat, dan hasil dari proses pemberdayaan yang dilakukan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah PAR (Participatory Action Research). Dalam penelitian yang dilakukan mengunakan PAR terdapat tiga kunci yang menjadi landasan gerak dalam proses penelitian yang dilakukan. Pertama yaitu partisipasi, semua proses penelitian dilakukan atas partisipasi masyarakat. Kedua yaitu aksi, setelah mengetahui masalah yang sedang dihadapi maka melakukan aksi bersama agar tercipta perubahan yang dikehendaki. Ketiga yaitu riset, seluruh kegiatan yang dilaksanakan harus menggunakan suatu metode penelitian yang baku.Strategi yang dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adalah melalui pendidikan dan kampanye untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi produk dari kelapa yang diproduksi oleh masyarakat sendiri, pelatihan inovasi pengolahan kelapa menjadi produk yang bernilai jual tinggi dan pelatihan inovasi dalam perkebunan kelapa, pembentukan kelompok pekebun kelapa sebagai lembaga penguat kelompok dan advokasi kebijakan yang menguntungkan bagi pekebun kelapa.Pemberdayaan yang telah dilakukan di masyarakat telah menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi produk dari kelapa yang dihasilkan oleh masyarakat sendiri, menghasilkan pekebun kelapa yang bisa melakukan inovasi dalam pengolahan kelapa dan inovasi dalam perkebunan kelapa, terbentuknya kelompok pekebun kelapa sebagai lembaga penguat bagi pekebun kelapa dan terbentuknya inisiasi kebijakan yang menguntungkan bagi pekebun kelapa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jumariah, Sitisitijumariah33@gmail.comB52215040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Perkebunan
Keywords: Perkebunan Kelapa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Jumariah Siti
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:12
Last Modified: 13 Aug 2019 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34322

Actions (login required)

View Item View Item