Sejarah Perkembangan Ukm Iqma (Ikatan Qori’ Qori’ah Mahasiswa) Dan Pengaruhnya Terhadap Seni Tilawah Al-Qur’an Di Uin Sunan Ampel Surabaya 1989-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Muhammad Faqih (2019) Sejarah Perkembangan Ukm Iqma (Ikatan Qori’ Qori’ah Mahasiswa) Dan Pengaruhnya Terhadap Seni Tilawah Al-Qur’an Di Uin Sunan Ampel Surabaya 1989-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Faqih Pratama_A02215012.pdf

Download (11MB)

Abstract

Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan pendekatan sosio-historis, dan menggunakan teori tindakan social dari parsons dan Estetika Islam dari Ismail Raji al-Faruqi serta metode sejarah yakni, heuristic, verifikasi, atau kritik sumber, interpretasi, dan historiografi agar dalam dalam penelitian dapat tercapai tujuan: 1) Untuk menjelaskan sejarah awal munculnya seni Tilawah Al-Qur’an, 2) Untuk menjelaskan sejarah perkembangan UKM IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya, 3) Untuk menjelaskan pengaruh UKM IQMA terhadap seni tilawah Al-Qur’an di UIN Sunan Ampel Surabaya. Dapat disimpulkan bahwa 1).sejarah munculnya seni baca Al-Qur’an berawal dari nyanyian nenek moyang bangsa Arab. Kemudian Islam datang untuk menyempurnakan tradisi bangsa Arab dan Nabi Muhammad merupakan yang memberi contoh pertama dalam melagukan/menyenandungkan Al-Qur’an. 2) Berdirinya UKM IQMA tidak lepas dari masuknya seni baca Al-Qur’an UIN Sunan Ampel Surabaya yang dibawa oleh KH. Chisnulloh Abdurrachim bersama rekan-rekannya pada tahun 1980-an.Berawal dari satu bidang seni tilawah, UKM ini mencapai perkembangannya ketika lima bidang seni muncul, peminat UKM IQMA semakin bertambah, menghasilkan prestasi dari tahun ke tahun, dan mengembangkan pembinaan dari awal berdirinya dengan berbagai kegiatan di UKM IQMA, 3) kontribusi anggota Seni Tilawah Al-Qur’an terhadap UIN Sunan Ampel Surabaya adalah telah membanggakan nama UIN Sunan Ampel Surabaya dengan berbagai prestasi yang ditorehkan oleh anggota seni tilawah Al-Qur’an serta telah mampu menyalurkan mahasiswanya sebagai agen pensyiar Islam melalui seni tilawah Al-Qur’an bagi masyarakat dan mampu memberikan contoh baik bagi generasi muda selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Muhammad Faqihmuhammadfaqihp37@gmail.comA02215012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochimah, Rochimahzachmad06@gmail.com196911041997032002
Subjects: Organisasi Mahasiswa
Keywords: Seni; Islam; Organisasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Pratama Muhammad Faqih
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:50
Last Modified: 09 Aug 2019 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34298

Actions (login required)

View Item View Item