Dimensi humanistik dalam pembelajaran pesantren; kajian kitab Adabul 'Alim Wal Muta'alim karya KH. Hasyim Asy'ari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismail, Agus Nur (2019) Dimensi humanistik dalam pembelajaran pesantren; kajian kitab Adabul 'Alim Wal Muta'alim karya KH. Hasyim Asy'ari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
AGUS NUR ISMAIL_D91212159.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti salah satu karya Kh. Hasyim Asy’ari yakni kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan isi dari kitab adabul ‘alim wal Muta’alim, dimana seorang guru bukan hanya dituntut untuk sekedar mengajar atau memberi pemahaman kepada murid. Dalam penelitian ini berfokus kepada nilai nilai humanis yang harus terbangun antara guru dan murid. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu kesimpulan, bahwa pendidikan juga harus didasari kasih sayang, serta membangun hubungan yang baik antara murid dan guru serta menganalisis relevansi model pembelajaran dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim dengan realitas zaman modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Data yang dianalisis adalah data olah yang berasal dari berbagai buku, surat kabar, majalah dan beberapa tulisan yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis sumber-sumber dan data-data yang ada dengan mengandalkan teori-teori dan konsep-konsep yang ada untuk diinterpretasikan dengan berdasarkan tulisan-tulisan yang mengarah kepada pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai humanis sebagai suatu usaha dalam memperlihatkan sistem pendidikan yang baik, karena dengan keikhlasan dan kasih sayang peserta dapat menuntut ilmu dengan baik. Manfaat yang didapat dalam pendidikan yaitu menambah khazanah dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan islam. Serta menjadi acuan untuk melaksanakan pendidikan yang mampu bersaing serta memiliki keunggulan dan originalitas model pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismail, Agus Nurvan.agoes.07@gmail.comD91212159
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: KH. Hasyim Asy’ari, Humanistik, Pendidik, Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ismail Agus Nur
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:00
Last Modified: 09 Aug 2019 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34296

Actions (login required)

View Item View Item