Kepemipinan Kiai dalam mewujudkan Eco-Pesantren: studi kasus di Pondok Pesantren Modern (PPM) al-Amanah Krian dan Pondok Pesantren Salaf Modern (PPSM) Banin Banat Al-Mubtadi-ien Badal Ngadiluwih

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baiquni, Akhmad (2019) Kepemipinan Kiai dalam mewujudkan Eco-Pesantren: studi kasus di Pondok Pesantren Modern (PPM) al-Amanah Krian dan Pondok Pesantren Salaf Modern (PPSM) Banin Banat Al-Mubtadi-ien Badal Ngadiluwih. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Baiquni_F02317074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepemimpinan yang dilahirkan dari kemampuan diri sendiri memiliki kemampuan dengan otodidak atau belajar dengan sendirinya menjadikan membentuk karakter serta watak dengan mental yang kuat. Penelitian ini di fokuskan dalam kepemiminan kiai dengan Eco-Pesantren yang di tujuan memiliki kemampuan dalam perwujutan yang memberikan nilai dalam diri santri yang ada. Pendidikan berbasis eco-pesantren membentuk pondok pesantren yang memiliki basis ramah terhadap lingkungan melalui kegitan-kegiatan untuk memberikan pembelajaran berbasis lingkungan di dalam pesantren untuk yang berorientasikan kepada sikap yang peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Kepemimpinan Kiai dan Eco-Pesantren di pondok pesantren modern al-Amanah Krian Sidoarjo dan pondok pesantren Banat Banin Al-Mubtadi-Ien Badal Ngadiluwih Kediri, yang di tujukan untuk bagaimana proses kepemimpinan dan perwujutan eco-pesantren yang dilakukan oleh kedua lembaga masing-masing. Kepemimpinan kiai memiliki karakteristik dalam kepemimpinannya yaitu: 1. Kepemiminan demokrasi, 2. Kepemimpinan Kebapakan, 3. Kepemimpinan Karismatik, 4. Sebagai Evaluator, 5. Motivator. Yang memiliki tujuan yang sama untuk memberikan pelayanan serta kemuan leader ship dari kedua lembaga yang ada. Proses kegiatan dalam mewujudkan eco-pesantren yang berorientasi terhadap lingkungan dengan cara, 1. Memperbanyak taman kecil di sekitar pesantren, 2. Melaksanakan kegiatan Go Green di agenda tahunan di Pesantren, 3. Mendaur ulang sampah yang di bakar menjadi pupuk, . Membuat tempat sampah yang di satukan yang bisa di bakar. Semua kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang ramah serta memadukan kegiatan tersebut dengan berbasi norma agama.Memberikan pertangung jawaban serta kemampuan dalam mengelolah lingkungan, serta memiliki kelebihan di diri para santri yang menjadi karakter di mereka dan menjadikan kelebihan yang terdapat di diri para santri yang melakukanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baiquni, Akhmadbaiquni1991@gmail.comF02317974
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBakar, Yunus Abuelyunusy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pesantren
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kiai; Eco-Pesantren; Kepemipinan Kiai
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Baiquni Akhmad
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:51
Last Modified: 14 Aug 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34284

Actions (login required)

View Item View Item