Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Fihi Ma Fihi karya Jalaluddin Rumi dan relevansinya terhadap pendidikan islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Achmad Mujtahid (2019) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Fihi Ma Fihi karya Jalaluddin Rumi dan relevansinya terhadap pendidikan islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Mujtahid Akbar_D01215002y.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dengan judul Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Fihi Ma Fihi karya Jalaluddin Rumi dan relevansnya terhadap pendidikan Islam membahas tentang nilai-nilai pendidikan khlak dalam buku Fihi Ma Fihi karya Jalaluddin Rumi dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Buku Fihi Ma Fihi ini aalah salah satu master piece. Memuat ceramah-ceramah Rumi yang berbentuk prosa. Berisi tentang materi perkuliahan, refleksi, dan komentar yang membahas tentang masalah seputar akhlak yang dilengkapi dengan tafsiran Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang berbentuk deksriptif dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan (library research). Objek penelitian dalam skripsi ini adalah karya sastra berupa buku yang berjudul Fihi Ma Fihi. Pendekatan yang dilakukan oleh penulis untuk memperoleh data adalah dengan mencari buku-buku yang relevan dengan objek kajian dengan sumber data primer berasal dari buku Fihi Ma Fihi. Metode yang dilakukan penulis dalam skripsi ini adalah metode dokumenter yakni mencari data variabel yang berupa catatan, naskah, transkip buku dan sebagainya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa data jenis analisa isi, yakni suatu proses penelitian yang membuat irefrensi-irefrensi yang dapat ditiru dan shahih data dengan melihat konteksnya. Berdasarkan analisis yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa Nilai pendidikan akhlak dalam buku Fihi Ma Fihi karya Jalaluddin Rumi dapat tercermin dari proses pendidikan rohani pada manusia agar ia mengikuti apa yang dikehendaki Allah, Tuhan semesta dan jagat raya ini. Merupakan proses pencapaian kesempurnaan potensi spiritual manusia yang ditunjukan dengan pencapaian dalam wujud kebersihan rohani, keluasan dalam berpikir, kedalaman pemahaman ilmu, keutamaan akhlak, yang membawa manusia menuju kepada Tuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Achmad MujtahidKband0206@gmail.comD01215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorFuad, Ah. ZakkiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Masalah sosial
Buku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akbar Achmad Mujtahid
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:49
Last Modified: 09 Aug 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item View Item