Analisis Perlakuan Akuntasi Zakat Dalam Transparansi Dan Akuntabilitas Di Baznas Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradana, Nida Fitriyah (2019) Analisis Perlakuan Akuntasi Zakat Dalam Transparansi Dan Akuntabilitas Di Baznas Kabupaten Gresik. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Nida Fitriyah Pradana_F14213201.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberadaan Organisasi Pengelola Zakat yang semakin maju dan kompleks, sangat penting untuk diperhatikan. Baik dari segi kegiatannya maupun perlakuan akuntansinya. Dana zakat yang diterima dan disalurkan harus memiliki sistem pengelolaan dan akuntansi yang baik dan transparan, yaitu dengan membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar PSAK No. 109 tentang Akuntansi Zakat Infak/Sedekah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua permasalahan. Pertama, bagaimana perlakuan akuntansi zakatdi BAZNAS Kabupaten Gresik. Kedua, bagaimana perlakuan akuntansi zakat dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di BAZNAS Kabupaten Gresik. Untuk menjawab ketiga permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif yaitu metode yang menganalisis serta mendeskripsikan terhadap perlakuan akuntansi zakat BAZNAS Kabupaten Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencatatan dan pengakuan BAZNAS Kabupaten Gresik dalam mencatat dan mengakui penerimaan dan penyaluran dana zakat, infak/sedekah dengan menggunakan metode cash basis. Untuk pengukuran penerimaan aset non kas BAZNAS Kabupaten Gresik menggunakan harga pasar yang berlaku, yakni berupa mobil ambulan 2 unit. Sedangkan dalam hal pengungkapan BAZNAS Kabupaten Gresik telah mengungkapkan tentang jumlah penerimaan ZIS dari muzakki dan penyaluran dana ZIS kepada mustahiq dan program-program sosialnya. BAZNAS Kabupaten Gresik memiliki kekurangan dalam penyajian laporan keuangan belum sepenuhnya menggunakan PSAK no. 109. Komponen laporan keuangan berdasarkan PSAK no. 109 terdiri dari neraca (laporan posisi keuangan), laporan perubahan dana, laporan aset kelolaan, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Sedangkan di tahun 2016 laporan yang disajikan oleh BAZNAS Kabupaten Gresik hanya laporan penerimaan dan penyaluran dana ZIS serta laporan perubahan dana. Perlakuan akuntansi zakat di BAZNAS Kabupaten Gresik dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas adalah dalam menyajikan informasi yang terkandung dalam laporan keuangan yang diberikan perbulan dan tahunan, yang mana menerapkan laporan keuangan yang mudah agar lebih dipahami oleh stakeholders mengenai sumber dan penggunaan setiap dana, karena aksebilitas laporan keuangan mempengaruhi akuntabilitas keuangan BAZNAS Kabupaten Gresik. BAZNAS Kabupaten Gresik merupakan organisasi yang transparan, yang mana diwujudkan dalam membuat laporan dan menyebar luaskan kepada masyarakat umum utamanya melalui surat laporan bulanan dan tahunan yang dikirim ke muzakki, diterbitkan melalui media cetak yakni majalah “Tazkiyah” serta dipublisasikan ke website BAZNAS Kabupaten Gresik. Dapat diambil kesimpulan bahwa perlakuan akuntansi zakat BAZNAS Kabupaten Gresik belum sepenuhnya sesuai PSAK No. 109 yakni mengenai standar akuntansi Zakat, Infaq/Sedekah, yakni dalam hal penyajian laporan keuangan di Tahun 2016. Diharapkan di tahun yang akan datang PSAK no. 109 sudah bisa diterpakan karena merupakan suatu kebutuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradana, Nida Fitriyahdevifiqi@gmail.comF14213201
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFatma, FatmaUNSPECIFIED197507032007012020
Subjects: Ekonomi Islam
Zakat
Amil Zakat
Uncontrolled Keywords: Akuntansi Zakat; BAZNAS kabupaten gresik
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Pradana Nida Fithriyah
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:40
Last Modified: 09 Aug 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34269

Actions (login required)

View Item View Item