Pengembangan Web-Based Assessment Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Moh. Rifqi (2019) Pengembangan Web-Based Assessment Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Rifqi Rahman_F02317089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Teknologi terus berkembang dengan pesat namun sayangnya kurang dimanfaatkan dengan baik dalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam penilaian peserta didik. Kurikulum 2013 yang diterapkan di Indonesia mencoba mengakomodir keseluruhan perkembangan peserta didik sehingga dalam penilaiannya juga harus dilakukan secara menyeluruh utuh, mulai dari aspek spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Oleh karenanya penelitian ini menawarkan solusi berupa produk websites bernama web-based assessment yang dapat digunakan untuk mempermudah aktivitas penilaian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan desain pengembangan web-based assessment untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Surabaya; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan web-based assessment untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Surabaya; 3) Mendeskripsikan respon guru terhadap penggunaan web-based assessment untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dimana tahapannya mengikuti pola penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Tahap-tahap tersebut yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu angket, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Desain pengembangan web-based assessment ini didasarkan pada pola tahapan penelitian dan pengembangan (R&D) Borg & Gall sebagaimana diadopsi oleh Sugiyono, sedangkan untuk model desain produknya, web-based assessment ini mengikuti model ASSURE. Kemudian hasil validasi produk ini yaitu 88% kualifikasi valid (ahli materi) dan 75% kualifikasi cukup valid (ahli media); 2) Pelaksanaan web-based assessment untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini diawali dengan pembekalan kepada guru tentang pengoperasian produk. Dalam penerapannya, guru dapat menggunakan perangkat komputer seperti SMP Al-Hikmah Surabaya atau dengan smartphone seperti SMP Negeri 1 Surabaya dan SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep; 3) Respon guru terhadap penggunaan web-based assessment ini sangat antusias. Hasil angket respon di SMP Al-Hikmah Surabaya adalah 88%, katergori ‘sangat baik’; di SMP Negeri 1 Surabaya adalah 92%, kategori ‘sangat baik’; dan di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep adalah 86%, kategori ‘sangat baik’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Moh. Rifqirifqir93@gmail.comF02317089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabuddin, Sihabuddinbudinsihab77@gmail.com197702202005011003
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Tes Belajar
Teknologi
Keywords: Teknologi; Web-Based Assessment; Penilaian; Pendidikan Agama Islam.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahman Moh. Rifqi
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:13
Last Modified: 09 Aug 2019 07:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34264

Actions (login required)

View Item View Item