Agama dan Budaya Lokal : Pergumulan Agama-Agama dengan Budaya Lokal di Balun Turi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nufus, Fithrotun (2019) Agama dan Budaya Lokal : Pergumulan Agama-Agama dengan Budaya Lokal di Balun Turi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fithrotunnufus_E82215045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang berjudul “ Agama dan Budaya Lokal (pergumulan agama-agama dengan budaya lokal di Balun Turi Lamongan). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana sejarah kemunculan agama-agama di desa Balun, bagaimana bentuk-bentuk pergumulan agama-agama di desa Balun dengan budaya lokalnya, dan apa makna dibalik pergumulan agama-agama dengan budaya lokal. Penelitian merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini yakni 7 informan beda agama yang berada di desa Balun, lebih tepatnya di kecamatan Turi kabupaten Lamongan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sudut pandang dari sosiologi, karena dari kata simbol-simbol yang muncul dari budaya dan agama sudah menyangkut masalah yang berhubungan dengan peristiwa, tindakan,pikiran, gagasan dan emosi yang dapat dipahami, sehingga data dari hasil penelitian ini dipahami dengan menggunakan teori interaksi simbolik, interaksi manusia yang menggunakan simbol-simbol yang mempresentasikan apa yang mereka maksudkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya, dan juga pengaruh apa yang ditimbulkan dari penafsiran simbol-simbol tersebut terhadap perilaku pihak-pihak yang terlihat dalam interaksi sosial. Selain itu adalah budaya-budaya lokal yang ada di desa Balun, desa yang terkenal sebagai desa percontohan hubungan antar agama di daerah Lamongan. Selain pengakuan terhadap kegiatan keagamaan, masyarakat Balun juga tidak terlepas dengan memelihara budaya-budaya lokal terdahulu seperti budaya Turun Balun dan Ziarah Makam Mbah Alun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nufus, Fithrotunnufusfithrotun@gmail.comE82215045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidah, Umi FeriyaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNasruddin, NasruddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Agama-agama (Islam, Kristen dan Hindu), desa Balun, interaksi simbolik, budaya lokal.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nufus Fithrotun
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:28
Last Modified: 08 Aug 2019 03:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34261

Actions (login required)

View Item View Item