أوزان فعل المضارع وفوائدها في سورة الشعراء: دراسة صرفية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syakura, Muhammad Abdan (2019) أوزان فعل المضارع وفوائدها في سورة الشعراء: دراسة صرفية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Abdan Syakura_A71215078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ilmu sharaf adalah salah satu ilmu bahasa yang bersumber dari al-Qur’an. Ruang lingkup pembahasan ilmu sharaf mengenai pembentukan kalimat serta perubahannya yang mengakibatkan perubahan maknanya. Kata dalam bahasa arab terbagi menjadi tiga yaitu isim (kata benda), fi’il (kata kerja) dan huruf (kata sambung). Kata kerja atau fi’iladalah salah satu bagian kata yang membentuk suatu kalimat (الجملة). Dalam penelitian ini penulis akan membahas tentang fi’il dan lebih fokus pada fi’il mudhori’ dilihat dari segi mujarrad atau mazidnya. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengkaji tentang bentuk fi'il mudhori’ yang merupakan bagian dari ilmu sorof. Fi'il mudhori’ memiliki bentuk yang berbeda-beda mengikuti wazannya, dan perbedaan bentuk tersebut mempengaruhi makna dalam kalimat, dan dalam hal ini penulis meneliti tentang fi'il mudhori’ yang terdapat dalam surat Al-Syu’ara. Fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah: 1) Apa macam-macam bentuk fi'il mudlori’ dalam surat Al-Syu’ara? 2) Apa makna fi'il mudlari’ yang terdapat dalam surat Al-Syu’ara? Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengetahui macam-macam bentuk dan makna fi'il mudlori’ dalam surat Al-Syu’ara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif yaitu mengumpulkan data dan mengelompokkan data yang sudah terkumpul kemudian menganalisis dan mendeskripsikan data-data tersebut berdasarkan pada teori yang terkait dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa di dalam surat Al-Syu’ara terdapat 125 data fi’il mudhori’ yang terbagi menjadi mujarrad dan mazid. Fi’il mudhori’ mujarrad berjumlah 86 data dan fi’il mudhori’ mazid berjumlah 39 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syakura, Muhammad Abdanmabdansyakura@gmail.comA71215078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKiswati, TsuroiyyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Syakura Muhammad Abdan
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:27
Last Modified: 26 Aug 2019 04:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34249

Actions (login required)

View Item View Item