Pengaruh tanaman Hortikultura dan kesejahteraan petani terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur periode tahun 2014 - 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliawati, Rosa (2019) Pengaruh tanaman Hortikultura dan kesejahteraan petani terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur periode tahun 2014 - 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosa Amaliawati_G01215010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Tanaman Hortikultura dan Kesejahteraan Petani Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Timur Periode Tahun 2014-2017” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah tentang apakah tanaman hortikultura dan kesejahteraan petani berpengaruh secara simultan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur dan apakah tanaman hortikultura dan kesejahteraan petani berpengaruh secara parsial terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait yang kemudian diolah menggunakan software Eviews8 dengan melalui uji-uji terkait kebutuhan penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil uji F yang bertujuan untuk melihat pengaruh secara simultan adalah tanaman hortikultura dan kesejahteraan petani berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur. Dan dari hasil uji t yaitu yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh secara parsial adalah tanaman hortikultura dan kesejahteraan petani berpengaruh secara parsial terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur. Dari hasil uji tersebut dapat disimpukan bahwa produksi tanaman hortikultura dan nilai tukar petani mampu menciptakan iklim baik untuk kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur. Setiap peningkatan produksi tanaman hortikultura dan nilai tukar petani, maka akan disertai peningkatan pada pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur. Pertumbuhan ekonomi suatu wilayah dapat diciptakan dengan menggali dan mengembangkan sumberdaya yang ada. Sumber daya yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Timur salah satunya ada pada sektor pertanian. Dengan menerapkan kebijakan yang berguna untuk perkembangan pertanian Jawa Timur, yang dimulai dari pendampingan dalam pemilihan bibit, penggunaan pestisida hingga pada proses pemasaran hasil pertanian, maka nantinya diharapkan mampu meningkatkan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur. Mengingat sektor pertanian terutama pada sub sektor tanaman hortikultura dan kesejahteraan petani merupakan salah satu yang mempengaruhi perkembangan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliawati, Rosaramaliawati@gmail.comG01215010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Kesejahteraan Sosial
Uncontrolled Keywords: Hortikultura; Pertumbuhan Ekonomi; Kesejahteraan Petani
Depositing User: Amaliawati Rosa
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:06
Last Modified: 15 Aug 2019 08:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34231

Actions (login required)

View Item View Item