Analisis Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Sertifikat Seminar di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Muhammad Taufiq (2019) Analisis Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Sertifikat Seminar di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negerii Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Taufiq Hidayat_C02215038.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil judul Analisis Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Sertifikat Seminar di UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli sertifikat seminar di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli sertifikat seminar di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara beserta dokumentasi secara langsung yakni dengan cara mengumpulkan data dan melakukan pengamatan beserta pencatatan secara sistematis terhadap subyek penelitian. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif, yaitu dengan memaparkan hukum Islam dalam hal ini hukum jual beli dan konsep sadd adh-dhari’ah sebagai alat analisis terhadap praktik jual beli sertifikat seminar yang bersifat umum untuk diperoleh kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Praktik jual beli sertifikat seminar yang ada di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya adalah transaksi jual beli dengan obyek sertifikat dari sebuah acara seminar antara panitia seminar dengan para mahasiswa yang menjadi pesertanya. Peserta awalnya mendaftarkan diri sebagai peserta dengan membayarkan uang pendaftaran baru kemudian setelah acara seminar usai, mereka mengadakan pertemuan untuk serah terima sertifikat seminar. Dilihat dari kacamata hukum Islam, praktik jual beli sertifikat seminar di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel adalah transaksi jual beli yang telah memenuhi rukun dan syarat jual beli. Namun dampak yang ditimbulkan dari jual beli tersebut mengakibatkan dilakukannya perbuatan yang merusak yakni tolong menolong dalam hal kerusakan yakni tindak pemalsuan. Sehingga jual beli tersebut dianggap tidak boleh atau diharamkan. Dari kesimpulan di atas penulis dapat memberikan saran kepada para dosen wali dan Wakil Dekan di setiap fakultas untuk lebih memperhatikan kontrol kepada mahasiswa yang mengumpulkan sertifikat seminar, agar mereka lebih serius lagi dalam mengikuti sebuah seminar, sehingga tidak terus terulang jual beli sertifikat ini. Kepada para pelaku jual beli sertifikat, baik panitia maupun peserta seminar, untuk menyelenggarakan dan mengikuti seminar sebagaimana mestinya, sehingga tidak menjadikan sebagai ajang mengahalalkan segala cara demi memenuhi suatu persyaratan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Muhammad Taufiqtaufiq.top.th@gmail.comC02215038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHaq, A. Faishalafhaq@yahoo.co.id2020055001
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Dokumen - Pemalsuan
Ekonomi Islam
Hukum Islam
Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Ekonomi
Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; Sertifikat; Seminar; sadd al-dhariah; Pemalsuan;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayat Muhammad Taufiq
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:01
Last Modified: 13 Aug 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34222

Actions (login required)

View Item View Item