Ideologi Pemikiran dan Dakwah KH. Ahmad Musta'in Syafi'i dalam Kajian Tafsir al-Qur'an Aktual pada Harian Bangsa: studi analisis Semiotika Model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Muhammad Miftakhul (2019) Ideologi Pemikiran dan Dakwah KH. Ahmad Musta'in Syafi'i dalam Kajian Tafsir al-Qur'an Aktual pada Harian Bangsa: studi analisis Semiotika Model Roland Barthes. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Miftakhul Huda_F02717230.pdf

Download (921kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sehingga dakwah bukan hanya pada tataran mimbar saja melainkan dapat dilakukan melalui tulisan. Media cetak merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyebarkan dakwah kepada masyarakat luas. Akhir-akhir ini banyak cendikiawan menyebarkan pemikiran atas pemahaman agamanya melalui media. Ayat-ayat al-Qur’an sering muncul dalam wajah media yang menjadi tulisan dan terkait dengan persoalan terkini. Tema-tema yang diangkat semakin menarik ketika media menjadi sarana berdakwah dalam menyampaikan paham keagamaan. Salah satu tema yang menarik yaitu rubrik Tafsir al-Qur’an Aktual pada Harian Bangsa yang ditulis oleh KH. Ahmad Musta’in Syafi’i. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari jawaban tentang ideologi pemikiran dan ideologi dakwah KH. Ahmad Musta’in Syafi’i dalam kajian tafsir al-Qur’an aktual pada Harian Bangsa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis semiotika model Roland Barthes dengan menggunakan teori konstruktivisme. Menurut teori ini, para individu melakukan interpretasi dan bertindak menurut kategori-kategori konseptual didalam pemikirannya. Realitas tidak hadir dalam bentuk apa adanya tetapi harus disaring melalui cara seseorang melihat sesuatu. Hasil penelitian penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa ideologi pemikiran KH. Ahmad Musta’in Syafi’i tergambar dari teguh dalam ide sebagai simbol dakwah, berpikir kreatif sebagai terobosan dalam berdakwah, dan konteks bahasa sehari-hari dalam jalan dakwah. Sedangkan ideologi dakwah KH. Ahmad Musta’in Syafi’i terlihat dari banyaknya kitab yang dikaji, seringnya menulis, jam terbang seminar, dan kondisi sosial. Semua itu bertujuan agar ayat-ayat al-Qur’an dapat dicerna dan dipahami serta dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Muhammad MiftakhulHuda0349@gmail.comF02717230
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam
Al Qur'an
Ulama
Keywords: Ideologi; Dakwah; Tafsir al-Qur’an Aktual; Analisis Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Huda Muhammad Miftakhul
Date Deposited: 08 Aug 2019 08:05
Last Modified: 08 Aug 2019 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34221

Actions (login required)

View Item View Item