Peran Muhammadiyah Cabang Burneh dalam memberdayakan masyarakat Islam Tahun 2010-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhri, Saiful (2019) Peran Muhammadiyah Cabang Burneh dalam memberdayakan masyarakat Islam Tahun 2010-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saiful Muhri_A82213166.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Muhammadiyah Cabang Burneh Dalam Memberdayakan masyarakat Tahun 2010-2018 di Kabupaten Bangkalan, yang merupakan penelitian lapangan. Adapun masalah yang dibahas dalam skripsi ini sebagai berikut 1). Bagaimana Sejarah Muhammadiyah Cabang Burneh, 2). Bagaimana Perkembangan Muhammadiyah Cabang Burneh, 3). Bagaimana Respon Masyarakat Terhadap Amal Usaha yang Dilakukan oleh Muhammadiyah Cabang Burneh. Dengan mengetahui sejarahnya secara benar atau dapat dipertanggung jawabkan, maka kita dapat mengetahui bagaimana warga Burneh sebelum dan sesudah Muhammadiyah dan apa saja peran yang dilakukan Muhammadiyah selama ini untuk membentuk masyarakat sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Islam. Yaitu masyarakat yang berprilaku, bertutur kata dan beribadah menurut Al-quran dan Hadist. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah dengan pendekatan yang dilakukan oleh penulis adalah menggunakan pendekatan historis dan sosiologis. Pendekatan histori digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di masa lampau, dan pendekatan sosiologis digunakan untuk menganalisis peristiwa sosial di Kecamatan Burneh. Sehingga penulis masih bisa menggambarkan bagaimana proses dan latar belakang terjadinya gerakan Muhammadiyah di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Data tentang peran muhammadiyah Cabang Burneh Dalam memberdayakan masyarakat Tahun 2010-2018 ini di dapat dari hasil wawancara dengan pengurus Muhammadiyah cabang Burneh, Pengurus Muhammadiyah Daerah Bangkalan dan masyarakat sekitar. Selain itu penulis juga mencari informasi dari media masa serta berbagai dokumen dari berbagai instansi terkait yang ada di Burneh. Dengan demikian penulis relatif mampu mendeskripsikan dengan jelas apa yang ada di lapangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhri, Saifulsaiful.muhri@gmail.comA82213166
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Muhammadiyah; Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhri Saiful
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:27
Last Modified: 15 Aug 2019 03:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34211

Actions (login required)

View Item View Item