PERUBAHAN STATUS SOSIAL PETANI TAMBAK DESA MANYAREJO KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK PASCA KEBERADAAN INDUSTRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Filmillah, Ila (2014) PERUBAHAN STATUS SOSIAL PETANI TAMBAK DESA MANYAREJO KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK PASCA KEBERADAAN INDUSTRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Sebelum adanya industri masuk ke daerah Manyar, petani tambak belum mengalami perubahan status sosial. Namun, pasca keberadaan industri peneliti melihat petani tambak mengalami perubahan status sosial. Rumusan masalah yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: Bagaimana bentuk status sosial petani tambak Desa Manyarejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik sebelum dan pasca keberadaan industri? dan faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan status sosial petani tambak Desa Manyar Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik ?. Tujuan penelitian ini adalah Agar peneliti dan masyarakat pada umumnya mengetahui perubahan status sosial petani tambak Desa Manyarejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik Pasca Keberadaan Industri. Peneliti menggunakan metode jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam mengenai perubahan status sosial petani tambak pasca keberadaan industri. Teknik pengumpulan datanya menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif dan dianalisis dengan teori Fungsionalisme Struktural senantiasa berada dalam keadaan berubah secara berangsur-angsur dengan tetap memelihara keseimbangan. Setiap peristiwa dan struktur yang ada, fungsional bagi sistem sosial itu. Davis dan Moore lebih memusatkan analisisnya pada posisi-posisi yang mempunyai fungsi yang penting dalam menjaga keberlangsungan hidup masyarakat. Menurut mereka, posisi-posisi tinggi didalam stratifikasi sosial dianggap sebagai posisi-posisi yang kurang menyenangkan tetapi sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup masyarakat. Petani tambak yang mempunyai status sosial tinggi menunjukkan semua apa yang dimilikinya sehingga sikap seperti itu kurang menyenangkan masyarakat sekitar. Namun, dengan adanya status sosial yang tinggi akan melengkapi kehidupan bermasyarakat, dimana pada saat orang membutuhkan bantuan finansial maka orang yang berstatus sosial tinggilah yang membantunya.
Hasil temuan dari penelitian ini bahwa pasca keberadaan industri petani tambak status sosialnya meningkat. Hal ini dapat dilihat dari asset yang dimilikinya seperti rumah mewah, mobil, dan toko. Namun petani tambak tidak beralih profesi, mereka tetap menajdi petani tambak karena setelah menjual tambaknya ke industri mereka membeli tambak yang berada di dalam yang harganya lebih murah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abid Rohman
Creators:
CreatorsEmailNIM
Filmillah, IlaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Status Sosial; Petani Tambak; Industri
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2015 07:42
Last Modified: 06 Feb 2015 07:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item