Komunikasi interpersonal orang tua dengan anak pecandu Gadget di Nyamplungan Kecamatan Semampir Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pangkerego, Thalitadea Dewi (2019) Komunikasi interpersonal orang tua dengan anak pecandu Gadget di Nyamplungan Kecamatan Semampir Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Thalitadea Dewi Pangkerego_B76215105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah “bagaimana proses komunikasi interpersonal orang tua dengan anak pecandu gadget di Nyamplungan Kecamatan Semampir Surabaya?” Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan data dan mengungkapkan fakta mengenai proses komunikasi interpersonal antara orang tua dengan anak pecandu gadget di Nyamplungan. Penelitian ini juga menggunakan teori interaksionisme simbolik sebagai bahan untuk menggabungkan masalah dengan teori. Dari hasil penelitian ini, Proses komunikasi interpersonal menggunakan model two way process communication dimana proses tersebut dilakukan saat orang tua sebagai komunikator menyampaikan pesan berupa informasi atau nasehat yang mendidik kepada anak, lalu anak sebagai komunikan menerima pesan tersebut, memprosesnya, hingga memaknai pesan, sehingga anak dapat memberikan respon secepatnya. Lalu, tujuan dari orang tua tersampaikan dan efek yang terlihat pada anak dapat timbul, seperti ada yang patuh, cuek, hingga membentak. Dari hasil penelitian diatas, peneliti menyarankan Untuk pihak orang tuar lebih bersabar dalam menghadapi anaknya, menggunakan komunikasi sefektif mungkin agar tercipta hubungan yang harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pangkerego, Thalitadea Dewithalita.dea97@gmail.comB76215105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Teknologi
Orang tua dan Anak
Keywords: Komunikasi Interpersonal; Orang Tua; Anak; Gadget
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pangkerego Thalitadea Dewi
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:42
Last Modified: 12 Aug 2019 04:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34191

Actions (login required)

View Item View Item