Hubungan kerapatan Lamun (Seagrass) dengan kelimpahan Makrozoobentos di Perairan Pantai Hijau Daun Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bestari, Titis Putri (2019) Hubungan kerapatan Lamun (Seagrass) dengan kelimpahan Makrozoobentos di Perairan Pantai Hijau Daun Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titis Putri Bestari_H74215022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pantai Hijau Daun merupakan salah satu pantai yang memiliki keanekaragaman ekosistem laut yang melimpah. Salah satu ekosistem laut tersebut yaitu lamun. Lamun adalah tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang hidup pada perairan dangkal dan memiliki banyak manfaat bagi organisme yang hidup di dalamnya. Salah satu organisme laut yang dapat hidup pada ekosistem lamun yaitu makrozoobentos. Makrozoobentos dapat ditemukan pada permukaan maupun di dalam substrat perairan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019 di Perairan Pantai Hijau Daun Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi kerapatan lamun, kelimpahan makrozoobentos dan hubungan kerapatan lamun dengan kelimpahan makrozoobentos di Perairan Pantai Hijau Daun. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode survay sedangkan penentuan Station dan titik pengamatan dilakukan dengan menerapkan metode purposive sampling. Lokasi pengamatan terdiri dari 2 stasiun dengan masing-masing stasiun dibagi menjadi 3 sub stasiun (plot) dan ditarik garis transek tegak lurus garis pantai sepanjang 100 m. Spesies lamun yang ditemukan di Perairan Hijau Daun dapat membentuk vegetasi campuran dengan 4 spesies lamun, diantaranya yaitu : Enhalus acoroides, Thalassia hemprichii, Cymodocea serrulata dan Halophila ovalis yang memiliki tingkat kerapatan lamun yang tinggi. Spesies makrozoobentos yang teridentifikasi dapat meliputi 2 spesies dari kelas Bivalvia dan 6 spesies dari kelas Gastropoda. Hubungan kerapatan lamun dengan kelimpahan makrozoobentos berdasarkan uji korelasi Product Moment/Pearson menggunakan software SPSS 16.0 dapat menunjukkan nilai korelasi -0,653 artinya hubungan antara kerapatan lamun dan kelimpahan makrozoobentos tergolong kuat dengan arah yang berlawanan dimana semakin tinggi nilai kerapatan lamun, maka semakin rendah kelimpahan makrozoobentos.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bestari, Titis Putribestarititis@gmail.comH74215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Bestari Titis Putri
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:10
Last Modified: 08 Aug 2019 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34153

Actions (login required)

View Item View Item