Penerapan media Flipchart mata pelajaran Fiqih Materi Qurban untuk peningkatan hasil belajar Siswa di Kelas V MIM 02 Pondok Modern Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadiwianata, Ilmi Syajaj (2019) Penerapan media Flipchart mata pelajaran Fiqih Materi Qurban untuk peningkatan hasil belajar Siswa di Kelas V MIM 02 Pondok Modern Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmi Syajaj Hadiwianata_D07215017.pdf

Download (756kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa kelas V MIM 02 Pondok Modern Paciran Lamongan pada mata pelajaran Fiqih materi Qurban. Berdasarkan hasil kegiatan prasiklus, dari 15 siswa, hanya 4 siswa yang tuntas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran fikih materi kurban dengan menggunakan media Flipchart pada siswa kelas V MIM 02 Pondok Modern Paciran Lamongan? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami materi kurban dengan menggunakan media Flipchart pada siswa kelas V MIM 0O2 Pondok Modern Paciran Lamongan? Metode yang peneliti gunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V MIM 02 Pondok Modern Pciran Lamongan yang terdiri dari 15 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media Flipchart dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I hasil observasi guru yaitu 70,8 (kategori kurang), dan mengalami peningkatan menjadi 81,2 (kategori baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 76 (kategori baik) mengalami peningkatan menjadi 83(kategori baik) pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada prasiklus sebesar 70,8 9kategori kurang) dengan persentase 27% (kategori sangat kurang), pada siklus I menjadi 76,5 (kategori baik) dengan persentase 53% (kategori kurang) dan pada siklus II meningkat menjadi 85,2 (kategori baik) dengan persentase 86% (kategori baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadiwianata, Ilmi Syajajilmisyajaj@gmail.comD07215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiyar, MahfudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; Fiqih; Media Flipchart
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hadiwianata Ilmi Syajaj
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:42
Last Modified: 15 Aug 2019 02:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34149

Actions (login required)

View Item View Item