الاستعارة المكنية في شعر أشهد أن لا امرأة إلا أنت لنزار قباني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Raudahtul (2019) الاستعارة المكنية في شعر أشهد أن لا امرأة إلا أنت لنزار قباني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raudahtul Jannah_A71215086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan dalam skripsi ini yaitu kajian tentang syi’ir Nizar Qabbani dengan pendekatan Ilmu Balaghah yang berhubungan dengan Ilmu Bayan, Ilmu Ma’ani dan Ilmu Badi’. Adapun pembahasan Isti’aroh merupakan bagian dari Majas Lughowi. Isti’aroh mempunyai pengertian tasybih yang dibuang salah satu dhorofnya, dan hubungan makna haqiqi dan majazinya adalah musyabahah. Isti’aroh juga merupakan peminjaman lafadz, tetapi yang dikehendaki bukan makna aslinya, dan ada qorinah bahwa yang dikehendaki bukan makna aslinya. Dalam skripsi ini penulis akan membahas tema Isti’aroh yang ada pada syi’ir Nizar Qabbani. Karena syi’ir Nizar Qabbani, khususnya yang berjudul Asyhadu An Laa Imroatan Illa Anti banyak mengandung unsur Balaghah, namun yang lebih dominan adalah Isti’aroh Makniyah. Oleh karena itu, penulis membahas Isti’aroh Makniyah dalam syi’ir Nizar Qabbani. Pembahasan ini mengacu pada sebuah pokok permasalahan, yaitu apa saja kalimat Isti’aroh Makniyah yang terkandung dalam syi’ir Nizar Qabbani? Dalam pembahasan skripsi ini, penulis membagi beberapa bab. Pada bab pertama, penulis membahas metode-metode dan gambaran singkat pembahasan. Kemudian pada bab kedua, penulis mengungkap tentang Nizar Qabbani. Pada bab ketiga, penulis membahas tentang Isti’aroh Makniyah. Pada bab keempat, penulis menyebutkan bahwa dalam syi’ir Nizar Qabbani terdapat 24 unsur Isti’aroh Makniyah. Sehingga dalam pembahasan ini, penulis menggunakan syi’ir Nizar Qabbani sebagai bahan analisis dan Ilmu Balaghah sebagai alat analisis serta menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pembatasan data, mengklarifikasi data dan pemaparan data serta analisis data dan diskusi. Sedangkan tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui banyaknya kalimat Isti’aroh Makniyah yang terkandung dalam syi’ir Nizar Qabbani. Sehingga mempermudah pembaca dalam memahami makna yang tersurat. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan, bahwa dalam syi’ir Nizar Qabbani terdapat 26 Isti’aroh Makniyah, yaitu: pasal pertama (1), pasal kedua (1), pasal ketiga (3), pasal keempat (4), pasal kelima (3), pasal keenam (3), pasal ketujuh (3), pasal kedelapan (3), pasal kesembilan (2) dan pasal kesupuluh (1).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Raudahtulraudahtuljannah164@gmail.comA71215086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMunir, MisbahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Jannah Raudahtul
Date Deposited: 12 Aug 2019 09:05
Last Modified: 12 Aug 2019 09:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34133

Actions (login required)

View Item View Item