Peran Hamid Algadri dan Keturunan Arab dalam Dinamika Politik Kemerdekaan Indonesia 1931-1978

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Buana, Ellyta Galuh (2019) Peran Hamid Algadri dan Keturunan Arab dalam Dinamika Politik Kemerdekaan Indonesia 1931-1978. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ellyta Galuh Buana_A92215081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Hamid Algadri dan Keturunan Arab dalam Dinamika Politik Kemerdekaan Indonesia 1931-1978.Adapun fokus penelitian yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Keturunan Arab di Indonesia?. 2) Bagaimanakah riwayat hidup Hamid Algadri?. 3) Bagaimanakah peran Hamid Algadri dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia?. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang menggunakan pendekatan historis.Pendekatan tersebut digunakan peneliti bertujuan menghasilkan bentuk dan proses dari peristiwa sejarah untuk menjelaskan sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori peran sebagai analisisnya yang didefinisikan oleh Soerjono Soekanto, peran merupakan aspek dinamis dari kedudukan atau status. Dari teori ini di harapkan mampu untuk mengkaji peran yang dilakukan Hamid Algadri dalam kontribusinya terhadap kemerdekaan Indonesia, yang lebih tepatnya antara tahun 1931-1978 yakni pada tahun-tahun Hamid memulai kiprahnya di ranah organisasi dan perpolitikan. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode peneitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi. Adapun analisa data yang diperoleh dapat menyimpulkan bahwa: 1) Keturunan Arab di Indonesia selain berperan dalam hal penyebaran agama dan perdagangan mereka juga memiliki peran dalam bidang pendidikan, sosial dan politik. Yang secara historis mereka turut mengenalkan gagasan modernisme dan revormasi Islam di Indonesia. 2) Hamid Algadri merupakan orang keturunan Arab sekaligus tokoh perintis Kemerdekaan Indonesia yang lahir di Pasuruan Jawa Timur pada tanggal 10 Juli 1921, dan merupakan mahasiwa lulusan Hukum di RSH. 3) Sebagai peranakan Arab Hamid turut memberi inspirasi dan menumbuhkan sikap nasionalisme pada golonganya untuk turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dan dalam kariernya ia juga aktif dalam berbagai perjuangan dalam mencapai Kemerdekaan Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Buana, Ellyta Galuhellytagb27@gmail.comA92215081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHajar, Imam IbnuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi
Politik
Nasionalisme
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Buana Ellyta Galuh
Date Deposited: 19 Aug 2019 06:16
Last Modified: 19 Aug 2019 06:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34131

Actions (login required)

View Item View Item