حروف الجر ومعانيها في متن سفينة النجاه للشيخ سالم بن سمير الحضرمي: دراسة نحوية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irfan, Muchammad Tadjul (2019) حروف الجر ومعانيها في متن سفينة النجاه للشيخ سالم بن سمير الحضرمي: دراسة نحوية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Tadjul Irfan_A71214040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam tata bahasa Arab, kata (kalimat dalam bahasa Arab) sebagai satuan terkecil bahasa, sebagaimana dalam bahasa yang lain dapat dikelompokkan menjadi tiga macam; pertama isim, fi’il dan huruf. Yang kemudian dapat lebih mudah untuk dipelajari namun, penulis dalam hal ini hanya akan sedikit membahas bagian yang terakhir yang berkaitan dengan huruf khusunya huruf jer. Pembahasan dalam skripsi ini mengkaji tentang Huruf Jer dalam kitab “Matan Safinatun Najah” karya Syaikh Salim Bin Sumair Al Hadromy, dengan pendekatan ilmu Nahwu. Kitab “Matan Safinatun Najah” adalah kitab ringkas mengenai dasar-dasar ilmu fiqih Madzhab asy-Syafi’i, yg ditujukan bagi para pelajar dan pemula. sehingga peneliti memilih kitab ini sebagai objek untuk dikaji. Masalah yang dikemukakan dalam rumusan masalah ini meliputi dua hal yaitu; huruf jer apa saja yang terdapat dalam dalam kitab “Matan Safinatun Najah” karya Syaikh Salim Bin Sumair Al Hadromy dan apa saja makna huruf jer yang terdapat dalam kitab “Matan Safinatun Najah” karya Syaikh Salim Bin Sumair Al Hadromy. Dalam pembahasan skripsi ini peneliti menggunakan ilmu nahwu sebagai pisau analisis dan ilmu kebahasaan sebagai pendekatannya. Peneliti mengambil beberapa teori nahwu dari buku-buku yang mudah dimengerti dalam penjelasannya seperti kitab Jamiud Durus. Adapun tujuan pembahasan ini adalah untuk mengungkap ilmu kebahasan yang terdapat dalam dalam kitab “Matan Safinatun Najah”, sedangkan metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Huruf Jer secara umum yang banyak dikemukakan oleh ahli nahwu berjumlah 20 huruf, sedangkan peneliti hanya mengambil 7 huruf jar sebagai bahan kajian yaitu (من، إلى، عن، على، في، الباء، اللام). Adapun kesimpulan dalam penelitian ini bahwa di dalam kitab “Matan Safinatun Najah” terdapat 81 huruf jer, pertama: Harfu min dengan makna al-ibtida’, at-tab’iid, al-bayan, dan adz-dzorfiyah. Harfu ila dengan makna al-intiha’ al-ghayah. Huruf jer ‘an dengan makna, makna min. Huruf jer ‘ala dengan makna al-isti’la’. Huruf jer fi dengan makna adzdzorfiyah. huruf jer ba’ dengan makna mushohabah, as-sababiyyah wa at-ta’lil, al-isti’anah, at-ta’diyah, ilshoq,at-ta’kid. Huruf jer lam dengan makna lamul-ikhtishas, taukid, at-ta’lil was-sababiyah, makna ila.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irfan, Muchammad Tadjulsun3gaul34@gmail.comA71214040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofiyuddin, HarisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Kalimat; bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Irfan Muchammad Tadjul
Date Deposited: 08 Aug 2019 08:07
Last Modified: 08 Aug 2019 08:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34129

Actions (login required)

View Item View Item