Analisis Indeks Ekologi Makrobenthos berdasarkan jenis Substrat di Vegetasi Mangrove Ujung Pangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Finda Purnama (2019) Analisis Indeks Ekologi Makrobenthos berdasarkan jenis Substrat di Vegetasi Mangrove Ujung Pangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Finda Purnama Sari H74215027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Makrobenthos merupakan hewan invertebrata yang bertempat tinggal pada substrat dasar perairan. Jenis substrat sangat berperan penting bagi makrobenthos untuk bertahan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks ekologi makrobenthos berdasarkan jenis substrat di vegetasi mangrove Banyuurip, Ujungpangkah, Gresik. Pengambilan sampel dilakukan pada 2 stasiun dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah makrobenthos, jenis substrat, tutupan mangrove dan parameter perairan. Hasil analisis jenis substrat pada stasiun 1 didominasi oleh pasir halus, sedangkan pada stasiun 2 tidak ada yang mendominasi (campuran). Tidak ada perbedaan tutupan mangrove pada stasiun 1 dan stasiun 2, dimana kedua stasiun dikategorikan baik dengan tutupan sangat padat. Indeks keanekaragaman dan dominansi juga tidak ada perbedaan untuk kedua stasiun. Hasil analisis indeks keanekaragaman menunjukkan kategori sedang dan indeks dominansi menunjukkan kategori rendah dengan dominansi spesies Anadara nodifera. Sebaliknya terdapat perbedaan indeks keseragaman antara stasiun 1 dan staiun 2, yaitu menunjukkan kategori rendah pada stasiun 1 dan kategori sedang pada stasiun 2. Hal ini dikarenakan jenis substrat berpasir pada stasiun 1 yang mengakibatkan kandungan bahan organik lebih rendah dari stasiun 2. Hasil penelitian ini juga didukung oleh parameter perairan yang ada pada lokasipenelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Finda Purnamafindapurnamasari69@gmail.comH74215027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
SurveyorSari, Finda Purnamafindapurnamasari69@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Ekologi
Uncontrolled Keywords: makrobenthos; indeks ekologi; substrat; mangrove.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Sari Finda Purnama
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:37
Last Modified: 13 Aug 2019 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34127

Actions (login required)

View Item View Item