Partisipasi masyarakat terhadap Pelaksanaan Progam Family Development sesssions (FDS) di Dusun Krajan Desa Campurejo Kecamatan Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidallah, Muhammad Haqiqi (2019) Partisipasi masyarakat terhadap Pelaksanaan Progam Family Development sesssions (FDS) di Dusun Krajan Desa Campurejo Kecamatan Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Haqiqi Abidallah_E04213069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Family Development Sessions (FDS) merupakan kegiatan belajar Keluarga Penerima Manfaat PKH berupa pemberian dan pembahasan informasi praktis yang meliputi komponen PKH, yang disampaikan melalui pertemuan kelompok bulanan dengan tujuan Keluarga Penerima Manfaat mampu merubah pola perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Progam tersebut pertama kali dilaksanakan di Dusun Krajan pada tahun 2015. Partisipasi merupakan sesuatu hal yang penting dalam kaitannya dengan progam FDS ini. Penelitian ini menggunakan dua rumusan masalah yang hendak dibahas dalam skripsi ini, yaitu (1) bagaimana bentuk partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan progam Family Development sessions (FDS) di Dusun Krajan Desa Campurejo Kecamatan Panceng Gresik ?. dan (2) bagaimana proses para penerima progam dalam mendapatkan manfaat dari progam Family Development sessions (FDS) di Dusun Krajan Desa Campurejo Kecamatan Panceng Gresik ? Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menjelaskan bentuk partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan progam Family developments sessions(FDS) di Dusun Krajan. Dan proses para penerima progam dalam mendapatkan manfaat dari progam Family Development sessions (FDS) di Dusun Krajan. Untuk menjawab persoalan tersebut, maka penelitian ini menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan kemudian dianalisis dengan teori partisipasi dan bentuk partisipasi masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk partisipasi masyarakat Desa Campurejo terdiri dari 3 bentuk, yaitu partisipasi dalam pengambilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan dan partisipasi dalam pengambillan manfaat. Masyarakat tidak dilibatkan dalam kegiatan evaluasi progam. Sementara ke aktifan dalam partisipasi ditunjukan masyarakat dalam bentuk partisipasi dalam pelaksanaan. Sedangkan dalam proses pengambilan manfaat, bentuk manfaat yang diterima oleh masyarakat berupa membuat catatan kas harian, anggaran bulanan, anggaran usaha, memulai usaha dan pengetahuan tentang mendidik dan mengasuh anak dengan baik dan benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidallah, Muhammad HaqiqiHaqiqi.abid@gmail.comE04213069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYahya, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kebijakan Publik
Politik
Politik > Politik Islam
Keywords: Progam Keluarga Harapan; Family Development Sessions (FDS); Partisipasi Politik; Bentuk Partisipasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Abidallah M. Haqiqi
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:26
Last Modified: 13 Aug 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34114

Actions (login required)

View Item View Item