السجع في ديوان "أشهد أن لا إمرأة إلا أنتِ" لنزار قباني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurafifah, Zahrah (2019) السجع في ديوان "أشهد أن لا إمرأة إلا أنتِ" لنزار قباني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrah Nurafifah_A91215144.pdf

Download (4MB)

Abstract

Puisi adalah karya sastra yang menggunakan keindahan kata dalam setiap baitnya yang dapat dikaji dari berbagai aspek. Salah satunya dapat dikaji dengan pendekatan Ilmu Balaghah. Ilmu Balaghah terdiri dari tiga bagian yaitu : Bayan, Ma’ani, dan Badi’. Ruang lingkup Ilmu Badi’ terbagi menjadi dua bagian, yaitu Muhassinat Lafdziyyah dan Muhassinat Ma’nawiyah. Pada Muhassinat Lafdziyyah terdapat Jinas, Iqtibas, Saja’. Saja’adalah kesesuaian dua kata terakhir pada huruf akhirnya. Objek penelitian ini adalah Diwan Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau karya Nizar Qabbani. Karya ini adalah sebuah antologi puisi yang berisi 43 bab puisi karya Nizar Qabbani yang bertemakan cinta dan perempuan. Berdasarkan keterangan tersebut, peneliti bertujuan untuk membahas : Apa saja bait yang mengandung Saja’ pada Diwan Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau karya Nizar Qabbani dan apa jenis Saja’ pada Diwan Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau karya Nizar Qabbani. Adapun penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif . Sumber data penelitian ini dari bait puisi pada Diwan Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau karya Nizar Qabbani. Hasil yang didapatkan bahwa dari 42 bab puisi, bait yang mengandung Saja’ pada Diwan Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau karya Nizar Qabbani ditemukan pada 34 bab puisi. Sedangkan jenis Saja' yang ditemukan adalah Saja’ Mutharaf 42 Saja’, Saja’ Murasha’ 11 Saja’ dan saja’ Mutawwazi 39 Saja’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurafifah, ZahrahZahrahnur29@gmail.comA91215144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id195512211982031002
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Saja': Diwan: Nizar Qabbani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nurafifah Zahrah
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:40
Last Modified: 16 Aug 2019 04:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34100

Actions (login required)

View Item View Item