Pengaruh pola asuh Orang Tua terhadap sikap disiplin Siswa madrasah aliyah nurul huda Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Widyaningrum Badiatus (2019) Pengaruh pola asuh Orang Tua terhadap sikap disiplin Siswa madrasah aliyah nurul huda Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Widyaningrum Badiatus Sholihah_D91215113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh pola asuh orang tua terhadap sikap disiplin siswa di MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Pola asuh adalah merupakan cara terbaik yang dapat ditempuh orang tua dalam mendidik anaknya sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak anak nya. Orang tua bertugas mengajarkan soal hidup dan niai-nilai kehidupan, sementara di sekolah para guru bertugas mengajarkan ilmu pengetahuan. Namun perbedaan pola asuh tersebut hanya merupakan salah satu faktor yang membentuk kepribadian meraka. Dengan demikian, ada beberapa faktor yang lebih penting yang perlu diperhatikan yaitu perhatian, kedisiplinan, termasuk kewibaaan yang dimunculkan oleh orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua siswa, untuk mengetahui sikap disiplin siswa, untuk mengetahui adakah pengaruh pola asuh. orang tua terhadap sikap disiplin siswa MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Penelitian yang dilakukan ini tergolong pada penelitian kuantitatif. Adapun hipotesis yang digunakan oleh penulis adalah Ha dan Ho. Untuk memperoleh keterangan data yang dibutuhkan penulis menggunakan metode angket, observasi, interview, dan dokumentasi. Namun yang lebih dominan menggunakan metode pemberian angket sebagai metode pokok. Data yang di peroleh dari data angket kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis data rumus prosentase dan chi kuadrat yang disimpul kan sebagai berikut: 1. Pola asuh orang tua siswa MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo sangat kurang hal ini dapat penulis buktikan dari hasil perhitungan dengan teknik analisis prosentase diperoleh hasil 39,68%, yang menunjukan bahwa pola asuh orang tua tergolong kurang baik karena berada kurang dari 40%. 2. Sikap disiplin siswa di MA Nurul Huda Sedati sidoarjo memiliki sikap disiplin rendah penulis dapat membuktikan dengan tabel sikap disiplin rendah dengan hasil prosentase sikap disiplin rendah yang paling tinggi 62,26%. 3. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan teknik chi kuadrat diperoleh Diperoleh hasil C= 0,767 dengan Cmaks 0.812 dari hasil perhitumgan koefesien kontingensi dicari intepretasi dengan cara C/C maks 0,767 /0,812 = 0,944 dilihat dari pedoman untuk memberikan interpretasi tingkat hubungan pada interval koefesien (0,80-1.000) termasuk tingkat hubungan sangat tinggi Merujuk pada rumus di atas,dapat dilihat dengan dk=4 (α: 0,05) adalah 9,488. Berdasarkan dari hasil perhitungan maka diketahui, nilai Chitung 76,13 < X2 tabel 9,488, maka hasilnya adalah H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara jalur pola asuh orang tua dengan sikap disiplin siswa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Widyaningrum Badiatusrum8857@gmail.comD91215113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, SyaifuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Disiplin Sekolah
Orang tua dan Anak
Keywords: Pola asuh orang tua; sikap disiplin siswa; MA Nurul Huda Sedati Sidoarjo
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sholihah Widyaningrum Badiatus
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:08
Last Modified: 10 Sep 2020 12:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34092

Actions (login required)

View Item View Item