Peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Khlaifah Abu Bakar Ash Shiddiq melalui strategi pembelajaran Cooperative Script pada siswa Kelas V MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fardatunisa', Ravika Nur (2019) Peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Khlaifah Abu Bakar Ash Shiddiq melalui strategi pembelajaran Cooperative Script pada siswa Kelas V MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ravika Nur Fardatunnisa'_D97215072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq, mendasari dilaksanakannya penelitian ini. Jumlah siswa dalam kelas yang banyak serta metode kurang tepat yang digunakan oleh guru, menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan data hasil ulangan harian, siswa mendapatkan rata-rata sebesar 56,6 (cukup). Sebagai tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Script. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq pada siswa kelas V MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo?. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq setelah menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas V MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Script dan meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq pada siwa kelas V MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo melalui Strategi pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yang masing-masing memiliki empat tahap yaitu; planning, acting, observing, dan reflecting. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas V MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan skor pada siklus I sebesar 85 (baik) dan pada siklus II 90 (sangat baik). 2) Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 84 (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89 (sangat baik). 3) Peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,2 (baik) mengalami perbaikan pada siklus II dengan nilai rata-rata 83 (baik). 4) Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57,1% (cukup) dan meningkat pada siklus II sebesar 83,3% (baik) jumlah siswa yang tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fardatunisa', Ravika Nurravika.nurfarda@gmail.comD97215072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, MunawirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Hasil Belajar; Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq; Cooperative Script.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fardatunnisa' Ravika Nur
Date Deposited: 16 Aug 2019 09:18
Last Modified: 16 Aug 2019 09:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34072

Actions (login required)

View Item View Item