Analisis Kesesuaian Dan Daya Dukung Ekosistem Terumbu Karang Sebagai Ekowisata Bahari Di Desa Daun Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik Pulau Bawean

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atika, Nurul (2019) Analisis Kesesuaian Dan Daya Dukung Ekosistem Terumbu Karang Sebagai Ekowisata Bahari Di Desa Daun Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik Pulau Bawean. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Atika_H74215019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Desa Daun terletak di Kecamatan sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Desa Daun memiliki sumberdaya alam yang memiliki daya tarik berupa pemandangan bawah laut yang indah, dimana lokasinya dekat dengan Ekowisata Mangrove Hijau Daun Penelitian ini dilaksanakan di Desa Daun Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean. Pada bulan Maret 2019 dan bertujuan untuk menganalisis kesesuaian dan daya dukung kawasan di Desa Daun, Pulau Bawean sebagai wisata bahari selam dan snorkeling. Penelitian ini mengamati kondisi ekosistem terumbu karang dan ikan karang serta kondisi oseanografi fisika, kemudian dianalisis menggunakan indeks kesesuaian wisata pada kedua stasiun penelitian. Data identifikasi lifeform terumbu karang didapat dengan menggunakan metode line intercept transect (LIT) dan data ikan karang didapatkan menggunakan metode Underwater visual census (UVC). Metode yang digunakan untuk menghitung luas hamparan karang menggunakan metode Lyzenga serta mengetahui kondisi terumbu karang di Pulau Bawean. Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini kondisi terumbu karang yang ada di Pulau Bawean mengeliling Pulau Bawean dengan kondisi karang yang masih banyak dalam keadaan hidup. Dibandingkan dengan kondisi karang mati, kondisi terumbu karang hidup yang ada di pulau tersebut lebih banyak. Kondisi Tutupan karang yang ada di Desa Daun berada pada kategori sangat baik yaitu dengan rata-rata 95% dari dua stasiun. Karang mati 5%. Keanekaragaman karang tinggi, keseragaman karang stabil serta tingkat dominansi rendah dan daya dukung kawasan untuk Desa Daun mencapai 16.790 orang/tahun. Satu harinya menampung 46 orang/hari baik selam maupun snorkeling. Kesesuaian wisata selam yaitu 90% dan wisata snorkeling yaitu 88%, kedua stasiun ini termasuk dalam kategori sangat sesuai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atika, Nurulatika.nufus@gmail.comH74215019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Ekologi
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian wisata; daya dukung kawasan; wisata bahari; Desa Daun Pulau Bawean
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Atika Nurul
Date Deposited: 07 Aug 2019 07:09
Last Modified: 07 Aug 2019 07:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34059

Actions (login required)

View Item View Item