Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dameiyanti, Dika Laili (2019) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dika Laili Dameiyanti_D01215008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Urgensi penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Adapun rumusan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana status sosial ekonomi orang tua siswa SMP Negeri 1 Panceng Gresik? (2) Bagaimana kepercayaan diri siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panceng Gresik? (3) Bagaimana pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap kepercayaan diri siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panceng Gresik ?
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Sampel pada penelitian inisebanyak 48 responden terdiri dari kelas VII, VIII dan IX. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan Propotional Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Dari data yang telah dikumpulkan, setelah dianalisis diperoleh data sebagai berikut: 1) status sosial ekonomi orang tua siswa SMP Negeri 1 Panceng Gresik termasuk dalam kriteria golongan atas dengan perolehan rata-rata (Mean) sebesar 41,93. 2) kepercayaan diri siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Panceng Gresik termasuk dalam kriteria baik dengan perolehan rata-rata (Mean) sebesar 37,58. Dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Panceng Gresik. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis data yang menghasilkan thitung sebesar 6,779 dan ttabel sebesar 2,995 maka thitung> ttabel (6,779 >2,995) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dameiyanti, Dika Lailidikalailidameiyanti@gmail.comD01215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com195303051986031001
Thesis advisorChanna, Lilieklilikchanna@gmail.com195712181982032002
Subjects: Psikologi Belajar
Keywords: status sosial ekonomi; percaya diri; pengaruh
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dameiyanti Dika Laili
Date Deposited: 13 Aug 2019 05:58
Last Modified: 13 Aug 2019 05:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34026

Actions (login required)

View Item View Item