Kritik ideologi terhadap Gerakan Pembangunan Masyarakat Islami (Gerbang Salam) di Pamekasan dalam penerapan syariat Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifah, Nur Raudatul (2019) Kritik ideologi terhadap Gerakan Pembangunan Masyarakat Islami (Gerbang Salam) di Pamekasan dalam penerapan syariat Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Raudatul Arifah_E21215085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah studi tentang adanya penerapan syariat Islam melalui Gerakan Pembangunan Masyarakat Islami (Gerbang Salam) di Kabupaten Pamekasan yang terletak di Pulau Madura. Lahirnya Gerbang Salam dilatarbelakangi oleh keprihatinan para tokoh Islam di Pamekasan yang melihat gejala sosial pemuda saat itu mulai keluar dari ajaran agama, kemudian itulah yang mendorong para ulama dan umara menerapkan kebijakan Gerbang Salam tersebut untuk memperbaiki kondisi Pamekasan lebih baik. Kemudian, menganalisisnya adalah dengan teori kritik ideologi Jurgen Habermas. Metode yang dipakai untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu kajian pustaka, (Library Research). Penelitian ini menemukan dua upaya pemerintah daerah Pamekasan dalam menerapkan konsep syariat Islam, yaitu melalui pendekatan struktural dan pendekatan kultural. Serta empat tahap yang harus dilakukan untuk dapat melakukan kritik ideologi dalam lensa pemikiran Jurgen Habermas, yaitu: pertama, melakukan deskripsi dan interpretasi terhadap situasi yang ada, yaitu Kabupaten Pamekasan menerapkan syariat Islam melalui Gerakan Pembangunan Masyarakat Islami (Gerbang Salam) pada tahun 2002 . Kedua, melakukan refleksi terhadap faktor penyebab situasi yang ada serta tujuan yang ingin dicapainya, yaitu menjelaskan penyebab adanya Gerbang Salam serta tujuan yang ingin diraihnya. Ketiga, agenda atau strategi untuk mengubah situasi yang ada, salah satu strategi yang dilakukan adalah bekerjasama dengan berbagai lembaga, baik lembaga pemerintah atau masyarakat dan membudayakan perilaku Islami dalam seluruh aspek kehidupan. Keempat, evaluasi terhadap pencapaian situasi yang ada, Gerbang Salam memberi pengaruh yang positif, terutama meningkatnya pendidikan Islam yang diwarnai dengan banyaknya Pesantren di Bumi Gerbang Salam ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifah, Nur Raudatulnurraudatularifah@gmail.comE21215085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorYazid, SyaifullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Arifah Nur Raudatul
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:44
Last Modified: 09 Aug 2019 02:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33998

Actions (login required)

View Item View Item