Penggunaan media pembelajaran powerdroid dalam kegiatan pembelajaran di SD Hanura Bina Putra Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ikhwanuddin, Muhammad (2019) Penggunaan media pembelajaran powerdroid dalam kegiatan pembelajaran di SD Hanura Bina Putra Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ikhwanuddin_D91212170.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat yang harus mendapat perhatian serius dari praktisi pendidikan agar dunia pendidikan tidak ketingalan zaman dan ketinggalan langkah. Guru harus bisa memanfaatkan teknologi yang semakin maju pada zaman seperti ini, bukan sebaliknya guru yang dimanfaatkan oleh teknologi yang semakin maju. Memanfaatkan penggunaan android sebagai media pembelajaran merupakan salah satu langkah dalam memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pendidikan yang inovatif, dengan membuat media pembelajaran powerdroid sebagai media dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Langkah pembuatan media pembelajaran powerdroid, 2) Cara penggunaaan media pembelajaran powerdroid dalam kegiatan pembelajaran, 3) Faktor-faktor penghambat penggunaan media pembelajaran powerdroid khususnya pelajaran PAI di SD Hanura Bina Putra Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang bermaksud menggambarkan bagaimana metode, tahapan, dan hasil dari penggunaan media pembelajaran powerdroid dalam kegiatan pembelajaran di SD Hanura Bina Putra Surabaya. Subyek penelitiannya adalah siswa, guru dan kepala sekolah SD Hanura Bina Putra Surabaya. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode wawancara, observasi dan Dokumentasi. Data yang digunakan berupa hasil wawancara pihak sekolah dan siswa, observasi lapangan serta dokumentasi dalam kegiatan penelitian. Hasil yang diperoleh dari lapangan menunjukkan: 1) Langkah cara pembuatan media pembelajaran powerdroid adalah menggunakan microsoft powerpoint yang diubah menjadi file HTML5 menggunakan aplikasi ispring suite, kemudian merubah file HTML5 menjadi aplikasi android menggunakan aplikasi XDK, 2) Media pembelajaran powerdroid dalam kegiatan pembelajaran bisa digunakan untuk mengamati gambar atau video, memaparkan materi, menonton bioskop, mengevaluasi siswa dengan mengerjakan soal yang asik, mengajak siswa untuk bermain game dan mengajak siswa melakukan ice breaking melalui video dan musik., 3) Faktor penghambat penggunaan media pembelajaran powerdroid dalam kegiatan pembelajaran adalah banyaknya guru yang belum mengenal teknologi, Budaya lingkungan kerja yang masih enggan memanfaatkan teknologi, Masih adanya siswa yang belum memiliki Smartphone/HP Android dan Keterbatasan RAM dan memori HP android yang dimiliki oleh sebagian siswa di SD Hanura Bina Putra Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ikhwanuddin, Muhammadxoneuddyn12@gmail.comD91212170
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Pembelajaran; Media Powerdroid; Kegiatan Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ikhwanuddin Muhammad
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:36
Last Modified: 08 Aug 2019 07:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33995

Actions (login required)

View Item View Item