Pemanfaatan Biji Asam Jawa sebagai Koagulan dalam Penjernihan Limbah Cair di PT. Sinar Sosro Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wismaningtyas, Vina Puji (2019) Pemanfaatan Biji Asam Jawa sebagai Koagulan dalam Penjernihan Limbah Cair di PT. Sinar Sosro Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Puji Wismaningtyas_H75215034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dampak pertumbuhan IPTEK terhadap lingkungan dapat berupa limbah cair industri yang berasal dari proses produksi sehingga harus dilakukan pengolahan terhadap limbah cair agar aman saat dibuang ke lingkungan. PT Sinar Sosro merupakan salah satu penghasil limbah cair yang berasal dari produksi teh. Pengolahan limbah cair dapat dilakukan dengan cara koagulasi-flokulasi dan sedimentasi. Koagulan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu biji asam jawa. Biji asam jawa yang selama ini dianggap limbah dapat dimanfaatkan sebagai koagulan alami dalam pengolahan limbah cair karena kandungan polielektrolit di dalamnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh pemberian variasi dosis koagulan (1000 mg/l, 2000 mg/l, dan 3000 mg/l), kecepatan pengadukan (100/20 rpm dan 200/40 rpm) dan waktu pengadukan (1/30 menit dan 1/15 menit) terhadap parameter limbah cair yaitu pH, turbiditas, TSS dan COD. Ukuran partikel biji asam jawa diayak dengan ukuran 100 mesh. Analisa data dilakukan dengan uji korelasi pearson dan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis yang paling efektif dalam penjernihan limbah cair yaitu 3000 mg/l dengan kecepatan pengadukan 200/40 rpm dan waktu pengadukan 1/15 menit. Dengan perlakuan tersebut mampu menurunkan nilai pH sebesar 2,71% dan turbiditas sebesar 32,71%. Sedangkan tingkat penyisihan TSS tidak berbamding lurus dengan penyisihan turbiditas bisa disebabkan karena ukuran partikel yang besar dan masih terdapat total padatan yang tidak bisa larut dalam air. Nilai COD semakin meningkat karena kandungan organik dalam biji asam jawa sehingga kandungan organik dalam limbah cair juga meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wismaningtyas, Vina Pujivina2puji@gmail.comH75215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSetyowati, Rr Diah NugraheniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Teknik Lingkungan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Wismaningtyas Vina Puji
Date Deposited: 13 Aug 2019 01:43
Last Modified: 13 Aug 2019 01:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33992

Actions (login required)

View Item View Item