Sekte Islam Sunni di Lebanon: Pengaruh Islam Sunni terhadap Perkembangan Politik di Lebanon Tahun 1964 - 2008 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syakir, Abdullah (2019) Sekte Islam Sunni di Lebanon: Pengaruh Islam Sunni terhadap Perkembangan Politik di Lebanon Tahun 1964 - 2008 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdullah Syakir_A02213003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang ditulis dengan judul “Sekte Islam Sunni di Lebanon ( Pengaruh Islam Sunni Terhadap Perkembangan Politik Di Lebanon Tahun 1964-2008 M )”. Berfokus pada titik permasalahan : 1. Bagaimana sejarah berdirinya negara Lebanon dan perkembangan politiknya? 2. Bagaimana sejarah berdirinya sekte-sekte Islam di Lebanon? 3. Bagaimana strategi sekte Islam Sunni dalam mempengaruhi politik Lebanon?. dengan titik fokus pada permasalahan ini akan menemukan apa peran serta pengaruh sekte Islam terhadap perkembangan politik di Lebanon. Skripsi ini di teliti menggunakan kajian literasi dengan pendekatan Historis dan Politik. Penulis meminjam teori dari Gabriel Almond yaitu teori civic culture. Teori ini menjelaskan bahwa budaya politik berbeda dengan budaya yang lainnya. Setiap masyarakat memiliki konsep budaya politik yang berbeda. Walaupun demikian, budaya politik erat kaitannya dengan sistem politik, karena setiap budaya politik diterapkan dalam pola-pola orientasi terhadap tindakan politik tertentu, dan pola-pola ini biasanya meluas sampai di luar batas sistem politik. Budaya politik merupakan kebudayaan majemuk yang didasarkan pada komunikasi, persuasi, konsensus dan diversitas, serta adanya perubahan. Budaya politik sendiri merupakan suatu kultur yang bersifat antara modern dan tradisional. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) negara Lebanon adalah negara multi etnis dan multi agama dengan menganut sistem konfesional. Yaitu, pembagian kekuasaan berdasarkan agama tertentu. (2) Sekte-sekte Islam yang ada di Lebanon yang paling berpengaruh adalah Sunni, Syi’ah, dan Druze. (3) Sekte Islam Sunni terpecah menjadi beberapa varian. Tiap-tiap varian dari sekte ini saling berebutan pengaruh dalam politik Lebanon. Mulai dari menjadi partai resmi, gerakan jihad dengan mengutamakan kekerasan, dan mendakwahkan Khilafah dengan cara halus. Masing-masing varian ini walaupun berpecah dan mengambil jalan yang berbeda namun satu tujuan. Yakni, menginginkan tegaknya Islam sesuai kitabullah dan Sunnah NabiNya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syakir, Abdullahaabsubastian@gmail.comA02213003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, SukarmaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aliran dan Sekte
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Syakir Abdullah
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:20
Last Modified: 15 Aug 2019 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33980

Actions (login required)

View Item View Item