Pengaruh Input Sekolah Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas X Tahun Pelajaran 2018/2019 Di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kustiawan, Hari (2019) Pengaruh Input Sekolah Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas X Tahun Pelajaran 2018/2019 Di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hari Kustiawan_D71212131.pdf

Download (7MB)

Abstract

Sekolah adalah tempat ke dua yang menghabiskan waktu kehidupan seorang anak selain waktu di rumahnya. Secara tidak langsung sekolah turut andil dalam pembentukkan sikap dan karakter pada peserta didiknya. Banyak orangtua yang rela menghabiskan banyak biaya agar anaknya dapat menempuh pendidikan di sekolah favorit dengan harapan anaknya dapat sukses akademis maupun sikap spiritualnya. Oleh karena itu biasanya perilaku peserta didik di suatu sekolah bisa saja dipengaruhi oleh asal sekolah dari peserta didiknya sebagai input di sekolah tersebut. Skripsi ini meneliti tentang seberapa besar pengaruh input sekolah terhadap perilaku negatif peserta didiknya. Yang dimaksud input sekolah dalam penelitian ini adalah sekolah asal dari peserta didik, di mana mereka bersekolah sebelum melanjutkan pendidikannya ke SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Sedangkan perilaku di sini dikhususkan pada perilaku negatif atau kenakalan peserta didik yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo.Metodologi pada skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian jenis kuantitatif dengan metode pengumpulan data lewat kuisioner, dokumentasi dan observasi lapangan. Dengan metode tersebut kemudian data dianalisis menggunakan rumus mean terlebih dahulu kemudian dihitung seberapa kuat korelasinya menggunakan rumus statistik “r” product moment sehingga akan diketahui hasil akhirnya bagaimana pengaruh input sekolah terhadap perilaku peserta didik yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Sebagaimana judul yang ditetapkan maka populasi objek penelitian ini adalah peserta didik kelas X (sepuluh) tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 185 orang dan kemudian ditetapkan teknik purposive sampling yaitu 100 orang sampel dari 5 kelas yang diambil berdasarkan pertimbangan tertentu yang dapat mewakili peserta didik dari masing-masing kelas.
Dari data sampel diperoleh hasil korelasi dengan angka -0,0973 yang menunjukkan tidak adanya hubungan antar kedua variabel karena berada di angka indeks korelasi 0,00-0,20. Oleh karena itu diketahui bahwa tidak ada hubungan antara input sekolah dan perilaku peserta didik sehingga hipotesis nihil dari penelitian ini dinyatakan diterima dan hipotesis alternatif dinyatakan ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kustiawan, Hariharikustiawan1@gmail.comD71212131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com197208152005011004
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Perilaku
Remaja
Keywords: Pengaruh; Input Sekolah; Perilaku; Peserta Didik; SMK
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kustiawan Hari
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:10
Last Modified: 12 Aug 2019 08:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33979

Actions (login required)

View Item View Item