Fitoremediasi limbah pelumas bekas menggunakan tanaman enceng gondok (Eichhornia Chassipes) dengan variasi penambahan pupuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuliani, Elita (2019) Fitoremediasi limbah pelumas bekas menggunakan tanaman enceng gondok (Eichhornia Chassipes) dengan variasi penambahan pupuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elita Yuliani_H75215013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meningkatnya penggunaan minyak pelumas dari kegiatan perawatan mesin menghasilkan limbah minyak pelumas yang menyebabkan pencemaran air permukaan apabila dibuang langsung tanpa pengolahan. Oleh karena itu, diperlukan pengolahan limbah pelumas menggunakan teknologi ramah lingkungan yakni fitoremediasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa perbedaan proses remediasi limbah minyak pelumas antara tanaman enceng gondok yang menggunakan pupuk dan tanpa pupuk, menentukan konsentrasi maksimum penyerapan kontaminan serta mengidentifikasi bakteri yang terlibat dalam proses fitoremediasi. Penelitian ini merupakan penelitian experimental. Metode penelitian ini menggunakan sistem batch dan variasi pupuk pada reaktor uji 1 dan non pupuk pada reaktor uji 2, serta waktu tinggal (1, 3, 6, 9, 12, dan 15 hari). Konsentrasi awal limbah minyak pelumas adalah 80 mg/l. Setelah uji fitoremediasi terjadi penurunan TPH (Total Petroleum Hidrokarbon) dengan konsentrasi hingga 4 mg/l dan efisiensi sebesar 95%. Penurunan paling cepat terjadi pada reaktor uji 1 yaitu pada hari ke-3, sedangkan pada reaktor uji 2 terjadi pada hari ke-6. Tetapi pada hari ke-9 tanaman pada reaktor uji 1 dan reaktor uji 2 mengalami efek depurasi, sehingga konsentrasi meningkat menjadi 8 mg/l dan kembali menyerap kontaminan pada hari ke-12 hingga 4 mg/l. Kesimpulan dari kedua perlakuan tersebut adalah terdapat perbedaan kecepatan penyerapan kontaminan pada reaktor uji 1 dan reaktor uji 2 dan bakteri hidrokarbon yang terlibat dalam proses fitoremediasi ini adalah bakteri Pseudomonas sp dan Bacillus sp.

Kata Kunci:

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuliani, Elitaelitayuliani999@gmail.comH75215013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi WaznaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSuprayogi, DedyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Fitoremediasi; Enceng Gondok; Eichhornia crassipes; Limbah Minyak Pelumas; Total Petroleum Hidrokarbon
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Yuliani Elita
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:05
Last Modified: 13 Aug 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33976

Actions (login required)

View Item View Item