Rancang Bangun Sistem Informasi Pemetaan Kamar Pondok Pesantren Amanatul Ummah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Khoirul (2019) Rancang Bangun Sistem Informasi Pemetaan Kamar Pondok Pesantren Amanatul Ummah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Anam_H06215008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pondok Pesantren Amanatul Ummah merupakan salah satu pondok modern terbesar di Jawa Timur. Dengan status seperti itu, maka ponpes Amanatul Ummah memiliki santri yang cukup banyak. Amanatul Ummah memiliki 2 ponpes di Surabaya dan Pacet. Kondisi saat ini pondok pesantren Amanatul Ummah Surabaya memiliki permasalahan tidak meratanya pembagian kamar untuk para santri. Banyak kamar yang kapasitas santri seharusnya diisi untuk 30 santri menjadi diisi 40 santri, sehingga kenyamanan santri dan kesehatan santri kurang terjamin. Maka dari itu alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan membangun sebuah sistem yang bisa langsung mempetakan dan mengetahui kapasitas tiap kamar beserta jumlah santri penghuni kamar di pondok pesantren agar dapat meminimalisir kelebihan daya tampung disetiap kamar. Penggunaan metode ADDIE digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini. Banyak kelebihan metode ADDIE salah satunya, model pengembangan ADDIE mempunyai prosedur pelaksanaan yang jelas dan sistematis. Hasil yang didapatkan adalah dapat memetakan kamar yang ada di ponpes Amanatul Ummah dengan indikator warna merah untuk kamar full, orange untuk kamar hampir penuh, dan warna hijau untuk kamar yang masih kosong dan hasil pengujian yang didapat adalah sistem ini dapat dan layak diimplementasikan sehingga sistem dapat membantu ponpes Amanatul Ummah untuk tetap menjadi salah satu pondok modern terbesar di Indonesia khususnya Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Khoirulchoiruldarulanam@gmail.comH06215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id198810262014031003
Thesis advisorMilad, Mohammad Khusnum.milad@uinsby.ac.id197901292014031002
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Sistem Informasi Geografis; Pemetaan Kamar Santri; Ponpes Amanatul Ummah.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Anam Khoirul
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:44
Last Modified: 14 Aug 2019 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33974

Actions (login required)

View Item View Item